Cara Klaim / Edit NISN di Verval PD Terbaru

Cara Klaim / Edit NISN di Verval PD Terbaru – Verifikasi dan Validasi Peserta Didik terkait dengan NISN siswa merupakan hal yang wajib dilakukan. Karena mengingat betapa pentingnya NISN tersebut untuk kelangsungan jenjang siswa selanjutnya hingga ke Perguruan Tinggi. NISN wajib valid datanya baik dengan data Ijazah maupuan data kependudukan.

NISN yang tertera pada Ijazah menurut SIMADRASAH harus benar – benar valid datanya ketika di cek pada laman web NISN. Jadi tidak hanya tercatat saja di referensi NISN melainkan datanya juga harus valid. Namun apabila menjumpai NISN yang tidak tercatat referensi maupun tidak valid datanya. Maka perlu mengambil langkah lanjut.

Tingkat validnya NISN bisa dikukur dengan data kependudukan apabila data NISN sudah singkron dengan data kependudukan seperti KK atau Akte Kelahiran. Maka dapat dikatakan NISN tersebut valid, karena pada dasarnya sumber data utama adalah data kependudukan. Hal tersebut di ungkapkan oleh kepala Dinas Pendidikan ketika sambutan dalam rapat pendataan CAPESUN.

NISN Awalan 3 pada Verval PD

Pada Verval PD terbaru yang beralamatkan pada http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ terjadi suatu hal terkait dengan NISN, yaitu terdapat beberapa siswa yang berada dalam Verval PD yang mengalami perubahan NISN menjadi NISN berawalan angka 3.

Mungkin hampir semua lembaga mengalami hal tersebut, menurut informasi yang SIMADRASAH terima bahwa NISN awalan 3 terjadi karena data EMIS belum terisi nama ibu kandung. Sehingga dari sistem Verval PD dibuatkan NISN baru dengan awalan 3.

Tentunya hal diatas menjadi dilema bagi para operator dikarenakan bingung. Apakah tetap menggunakan NISN awalan 3 atau menggunakan NISN yang tertera di Ijazah dan tercatat referensi NISN.

Nah disini Operator bisa melakukan klaim NISN yang sesuai dengan ijazah. Namun dengan syarat NISN yang tertera di Ijazah itu harus tercatat referensi di web NISN dan data NISN tersebut harus valid. Baru anda bisa melakukan klaim NISN yang tertera pada Ijazah. Bagaimana cara klaim NISN siswa di Verval PD ?

Cara Klaim / Edit NISN di Verval PD

Pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan membagikan pengalaman kami ketika melakukan klain NISN. Nah perlu anda ketahui bahwa dalam melakukan klaim NISN membutukan file pendukung yaitu Scan Iazah atau Screeshoot cek NISN pada laman web NISN.

Untuk lebih jelas mengenai syarat dan bahan melakukan klaim NISN , silahkan cek syarat berikut.

Syarat dan Berkas Serta Hal -hal yang harus Dipersipakan

  1. Scan Ijazah atau Hasil Screenshoot cek NISN di web NISN.
  2. Ukuran berkas file tidak boleh lebih daru 1MB.
  3. Indeks kemiripan diatas 80%
  4. Laptop dan Internet

Setelah semua terpenuhi, Silahkan lanjut ke tutorial Klaim NISN.

Langkah – Langkah Cara Klaim / Edit NISN di Verval PD

Baiklah bapak ibu operator, berikut ini tutorial cara klain NISN pada Vervalpdnew :

Cara Klaim / Edit NISN di Verval PD

  1. Buka web verval pd pada alamat http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id

    Pastikan web verval PD diakses pada alamat tersebut

  2. Klik Login pada menu pojok kanan

    Menu Login verval PD terbaru

  3. Kemudian akan menuju ke halaman login

    Silahkan login dengan menggunakan akun masing -masing. username dan password yang digunakan sama dengan username yang terdaftar pada laman web https://sdm.data.kemdikbud.go.id/

  4. Sukses login akan muncul menu dashboard

    Lansung saja klik menu Edit NISN untuk proses klaim atau Edit NISN

  5. Klik Edit NISN kemudian Lihat pada kotak Daftar Nama

    Pada kotak daftar nama silahkan cari nama siswa yang akan di klaim atau Edit NISN nya. Jika sudah ketemu klik nama siswa tersebut. Biasanya NISN yang di klai adalah NISN yang berubah menjadi walan 3.

    Klaim NISN verval PD terbaru

  6. Masukkan NISN yang tertera pada ijazah atau tercata referensi NISN, kemudian klik Cek Data Master

    Ingat NISN yang ada di Ijazah di cek terlebih dahulu pada web NIS. Apabila tercatat referensi pada web NISN maka bisa di ajukan klaim. tetapi pastikan data yang ada di NISN valid juga.

    Klaim NISN pad verval PD terbaru

  7. Maka akan muncul tabel varibel, data master dan indeks kemiripan

    Disini perhatikan indeks kemiripan, Menu update untuk klaim NISN hanya akan terbuka jika indeks kemiripan lebih dari 80. Jadi jika kurang dari 80 maka proses update NISN tidak bisa dilakukan.

  8. Setelah indeks kemiripan lebih dari 80 maka, menu Upload dokumen pendukung bisa diupload.

    Dokumen pendukung bisa menggunakan scan Ijazah atau hasil screenshoot NISN yang dicek pada web NISN. Dokumen bisa berupa file JPG, JPEG dan PNG dengan ukuran file maksimal 1Mb.

  9. Klik Browse dan cari file dokumen pendukung dimana anda menyimpannya

    Cara Klaim NISN di Verval PD terbaru

  10. Setelah terplih Klik Upload dan tunggu proses upload berhasil

    Kecepatan upload bergantng pada kecepatan internte dan juga ketersediaan sever serta besar ukuran file.

  11. Jika berhasil upload maka nama siswa yang di klaim NISN nya masuk ke Tabel Pengajuan Edit NISN

    Cara Klaim NISN di Verval PD terbaru

  12. Selanjutnya tinggal menunggu proses pengajuan diterima atau ditolak

    Proses approval menunggu paling cepat 1 x 24 jam, sehingga harap ditunngu apakah approve atau ditolak.

  13. Selesai

    Silahka pantau terus hingga disetujui.

Nah seperti itulah cara klaim atau Edit NISN pada vervalpd terbaru. Diharapkan operator lebih teliti terkait dengan klaim NISN tersbut. Sebab NISN akan digunakan untuk melanjutkan ke jenjang selajutnya.

Kesimpulan

Operator dapat melaukan klaim NISN jika NISN yang tertera pada ijazah tercatat refereni pada web NISN. Selain itu juga NISN memiliki data yang valid sehingga nanti data master NISN dan verval PD sinkron dengan dengan data yang valid.

Agar proses mudah disetujui pastikan scan dokumen pendukung terbaca dengan jelas dan muda. Sehingga petugas approval tidak kesulitan membaca dokumen pendukung.

Baik demikianlah informasi tentang Cara Klaim / Edit NISN di Verval PD Terbaru. Semoga infromasi yang kami bagikan ini bermanfaat bagi semua yang sedang membutuhkan. Terus support website SIMDRASAH dengan terus mengunjungi dan membagikan artile ke sosial media. terima kasih.

Check Also

Hasil Tanya Jawa Emis 4.0 Via Zoom Meeting Sesi III Migrasi Data

Hasil Tanya Jawab Emis 4.0 Via Zoom Meeting Sesi III Migrasi Data

Hasil Tanya Jawab Emis 4.0 Via Zoom Meeting Sesi III Migrasi Data -. Pada tanggal …

9 comments

  1. saya sudah edit nisn yg angka awalnya 3, semuanya berhasil/disetujui, tp kenapa di emanja nya blm berubah ya pak?

    • Perubahannya masuk ke PDUN Pak, cek di PDUN saja, E-manja hanya menjembatani data pendukung seperti No peserta, no ser ijzah. sedangkan nama , nisn, TTl editnya di verval PD. Fokus saja di PDUN untuk NIS nya, Jika di PDUN sudah berubah benar maka aman.

  2. Setelah klaim ke nisn lama disetujui di verval pd, maka nisn di emis perlu dirubah juga atau ga Pak?

  3. Assalamualaikum pak, NISN sudah saya rubah pak tetapi indeks kemiripan cuma 69,34, jdi supaya indeks kemiripan nya mencapai 80 bagaimana caranya pak, Terima Kasih?

    • diperhatikan lagi Identitasnya bu, cari yang masih terus dibenahi, nanti indeks kemiripan naik, beberapa waktu lalu bisa, tapi skarang bisa dicona dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.