Cara Cek SHUN / SKHUN Secara Online Terbaru

Simadrasah.com – SHUN atau Surat Hasil Ujian Nasional adalah dokumen penting yang dibutuhkan oleh siswa yang telah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah. SHUN berisi informasi tentang nilai ujian nasional, nilai rapor, dan nilai sekolah yang diperoleh oleh siswa. SHUN juga dikenal sebagai SKHUN atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional.

SHUN atau SKHUN biasanya diterbitkan oleh sekolah setelah pengumuman hasil ujian nasional. Namun, terkadang ada beberapa kendala yang membuat siswa tidak bisa mendapatkan SHUN atau SKHUN secara langsung dari sekolah, seperti jarak, biaya, atau kondisi darurat. Untuk itu, pemerintah menyediakan layanan online untuk memudahkan siswa untuk mengecek dan mencetak SHUN atau SKHUN secara online.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara cek SHUN atau SKHUN secara online dengan mudah dan cepat. Kami juga akan menjelaskan apa saja syarat dan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh siswa untuk mendapatkan SHUN atau SKHUN online. Simak terus artikel ini sampai selesai ya!

Apa itu SHUN atau SKHUN Online?

SHUN atau SKHUN online adalah layanan online yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memungkinkan siswa untuk mengecek dan mencetak SHUN atau SKHUN secara online. SHUN atau SKHUN online ini berlaku untuk siswa yang telah mengikuti ujian nasional pada tahun 2023 atau sebelumnya.

SHUN atau SKHUN online ini memiliki fungsi yang sama dengan SHUN atau SKHUN yang diterbitkan oleh sekolah. SHUN atau SKHUN online ini juga dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti SMA, SMK, atau perguruan tinggi. SHUN atau SKHUN online ini juga dapat digunakan sebagai bukti kelulusan bagi siswa yang membutuhkannya.

SHUN atau SKHUN online ini dapat diakses melalui situs resmi Kemendikbud, yaitu https://shun.kemdikbud.go.id/. Siswa dapat mengakses situs ini kapan saja dan di mana saja, asalkan memiliki koneksi internet yang stabil dan perangkat yang mendukung, seperti komputer, laptop, atau smartphone. Siswa juga dapat mencetak SHUN atau SKHUN online ini dengan menggunakan printer yang tersedia.

Bagaimana Cara Cek SHUN atau SKHUN Online?

Cara cek SHUN atau SKHUN online ini sangat mudah dan cepat. Siswa hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Kunjungi situs resmi Kemendikbud, yaitu https://shun.kemdikbud.go.id/.
  2. Pada halaman utama, pilih jenis ujian nasional yang diikuti oleh siswa, yaitu UN SD, UN SMP, UN SMA, atau UN SMK.
  3. Masukkan nomor peserta ujian nasional dan tanggal lahir siswa pada kolom yang tersedia. Pastikan data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan data yang tertera pada kartu peserta ujian nasional.
  4. Klik tombol “Cari” untuk menampilkan SHUN atau SKHUN online siswa.
  5. Periksa dan pastikan data yang tertera pada SHUN atau SKHUN online ini benar dan lengkap, seperti nama, sekolah, nilai, dan status kelulusan.
  6. Jika data sudah benar dan lengkap, klik tombol “Cetak” untuk mencetak SHUN atau SKHUN online ini. Siswa dapat memilih format cetak yang diinginkan, yaitu PDF atau JPG.
  7. Simpan atau unduh file SHUN atau SKHUN online ini ke perangkat siswa. Siswa juga dapat mengirim file ini ke email atau media sosial jika diperlukan.

Itulah cara cek SHUN atau SKHUN online yang dapat dilakukan oleh siswa dengan mudah dan cepat. Siswa dapat melakukan cara ini kapan saja dan di mana saja, tanpa harus datang ke sekolah atau ke kantor dinas pendidikan. Siswa juga dapat mencetak SHUN atau SKHUN online ini dengan menggunakan printer yang tersedia.

Apa Saja Syarat dan Ketentuan untuk Mendapatkan SHUN atau SKHUN Online?

Untuk mendapatkan SHUN atau SKHUN online, siswa harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan berikut ini:

  • Siswa harus telah mengikuti ujian nasional pada tahun 2023 atau sebelumnya. Siswa yang mengikuti ujian nasional pada tahun 2024 atau sesudahnya tidak dapat menggunakan layanan ini.
  • Siswa harus memiliki nomor peserta ujian nasional dan tanggal lahir yang valid dan sesuai dengan data yang tertera pada kartu peserta ujian nasional. Siswa tidak dapat menggunakan nomor peserta atau tanggal lahir orang lain.
  • Siswa harus memiliki koneksi internet yang stabil dan perangkat yang mendukung, seperti komputer, laptop, atau smartphone. Siswa tidak dapat mengakses situs ini dengan menggunakan perangkat yang tidak mendukung, seperti telepon genggam biasa atau telepon umum.
  • Siswa harus bertanggung jawab atas kebenaran dan keamanan data yang dimasukkan dan ditampilkan pada situs ini. Siswa tidak boleh memberikan atau membagikan data ini kepada pihak yang tidak berhak atau tidak bertanggung jawab.
  • Siswa harus menghormati dan mematuhi hak cipta dan kekayaan intelektual yang terkait dengan situs ini. Siswa tidak boleh mengubah, menyalin, menyebarluaskan, atau memanfaatkan situs ini untuk tujuan komersial atau ilegal.

Itulah beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh siswa untuk mendapatkan SHUN atau SKHUN online. Siswa harus memahami dan mengikuti syarat dan ketentuan ini dengan baik dan benar. Jika siswa melanggar syarat dan ketentuan ini, siswa dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara Cek NISN Tanpa Nama Ibu Kandung

  Cara Pengajuan Kepala Madrasah di Simpatika
Itulah beberapa keuntungan dan kelemahan dari SHUN atau SKHUN online. Siswa harus menimbang baik-baik keuntungan dan kelemahan ini sebelum menggunakan layanan ini. Siswa juga harus memastikan bahwa SHUN atau SKHUN online ini sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka.

Kesimpulan

SHUN atau SKHUN online adalah layanan online yang disediakan oleh Kemendikbud untuk memungkinkan siswa untuk mengecek dan mencetak SHUN atau SKHUN secara online. SHUN atau SKHUN online ini berlaku untuk siswa yang telah mengikuti ujian nasional pada tahun 2023 atau sebelumnya. SHUN atau SKHUN online ini memiliki fungsi yang sama dengan SHUN atau SKHUN yang diterbitkan oleh sekolah.

Cara cek SHUN atau SKHUN online ini sangat mudah dan cepat. Siswa hanya perlu mengunjungi situs resmi Kemendikbud, yaitu https://shun.kemdikbud.go.id/, dan memasukkan nomor peserta ujian nasional dan tanggal lahir siswa. Siswa dapat melihat dan mencetak SHUN atau SKHUN online mereka dengan format PDF atau JPG.

Untuk mendapatkan SHUN atau SKHUN online, siswa harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Siswa juga harus memahami dan mengikuti syarat dan ketentuan ini dengan baik dan benar. Siswa juga harus bertanggung jawab atas kebenaran dan keamanan data yang dimasukkan dan ditampilkan pada situs ini.

SHUN atau SKHUN online ini memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan yang perlu diketahui oleh siswa. Keuntungan dari SHUN atau SKHUN online ini adalah dapat diakses kapan saja dan di mana saja, dapat dicetak dengan mudah dan cepat, dan dapat disimpan atau diunduh ke perangkat siswa. Kelemahan dari SHUN atau SKHUN online ini adalah hanya berlaku untuk siswa yang telah mengikuti ujian nasional pada tahun 2023 atau sebelumnya, membutuhkan koneksi internet yang stabil dan perangkat yang mendukung, dan memiliki risiko kehilangan, kerusakan, atau penyalahgunaan data.

Demikianlah artikel yang kami buat tentang cara cek SHUN atau SKHUN online. Kami harap artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Comment