Cara Hapus Siswa di Verval PD “Menu Siswa Keluar”

Cara Hapus Siswa di Verval PD di Menu Siswa Keluar – Vervavl PD atau yang sering dikenal sebagai verifikasi danvalidasi peserta didik merupakan salah satu portal pendataan peserta didik yang digunakan untuk melakukan penyinkronan data agar data peserta didik dari Dapodik dan Emis Valid. Terutama pada identitas yang sesuai dengan penerbitan NISN.

Pada tahun ini Verval PD dilakukan melalui web pendataan yang beralamtkan di http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/. Nah agar bisa login ke Verval PD, Satuan pendidikan harus mempuyai akses login sebagai operator di web https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ . Jika belum mempunyai akun atau sudah lupa bisa registrasi pada web tersebut.

Melakukan Verval PD adalah hal yang sangat penting, mengapa demikian ? sebab Verval PD sangat berkaitan erat dengan identitas yang diterbitkan bersama NISN. NISN masing – masing siswa yang sudah pernah terbit tersebut dipadankan dengan data inputan sesuai kondisi data kependudukan. Sehingga akan terdeteksi mana siswa yang NISN valid dan NISN yang tidak valid atau bahakan tidak mempunyai NISN.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Vervak PD yang saat ini sedang ramai diperbincangkan karena menjadi alur pemrosesan data Peserta Ujian Nasional.

Menu Siswa Keluar Pada Verval Pd

Baru – baru ini muncul sebuah menu baru pada Verval PD yaitu ” Menu Siswa Keluar “. Menu tersebut hanya muncul pada akun yang sumber datanya berasal dari EMIS atau akun Lembaga Madrasah. Jadi secara khusus diberikan akses untuk bisa mengeluarkan siswa sendiri.

Fungsi utama dari Menu Siswa Keluar adalah untuk mengeluarkan siswa atau menghapus siswa tidak aktif yang masuk ke Verval PD. Padahal pada data EMIS siswa tersebut sudah di mutasikan atau sudah terdaftar siswa nonaktif namun masih muncul atau masuk di Verval PD. Terutama pada siswa kelas akhir yang akan diambil untuk PDUN dan di upload pada BIOUN.

Maka jika terjadi demikian anda bisa mengeluarkan siswa nonaktif menggunakan Menu Siswa Keluar pada akun Verval PD. Bagaimana cara mengeluarkan siswa dari Verval PD ?

Cara Hapus Siswa atau Mengeluarkan Siswa di Verval PD

Pada kesmepatan kali ini SIMADRSAH akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara mengeluarkan siswa dari Verval PD. Nah pastikan sebelum melakukan tutorial ini anda sudah bisa login ke Verval PD jika belum silahkan registrasi terlebih dahulu.

Baiklah berikut ini cara Mengeluarkan Siswa di Verval PD :

  1. Buka web http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/
  2. Login menggunakan akun masing – masing
  3. Jika sudah berhasil login silahkan cari Menu Siswa Keluar
  4. Klik Siswa Keluar
  5. Kemudian cari nama siswa yang akan di keluarkan pada kolom pencarian yang sudah disediakan
Cara Hapus siswa di verval PD 1
  1. Setelah ketemu klik Keluarkan siswa
Cara Hapus siswa di verval PD
  1. Tunggu hingga beberapa saat hingga nama siswa yang dikeluarkan pindah ke tabel siswa keluar
Cara Hapus siswa di verval PD 3
  1. Selesai

Seperti itulah cara mengeluarkan siswa atau menghapus siswa pada verval PD. Nah silahkan lanjutkan ke siswa lain yang sudah keluar baik itu siswa kelas 7 , 8 atau 9.

Dalam proses ini siswa yang dikeluarkan lansung berubah status menjadi siswa keluar tidak perlu menungu proses persetujuan dari admin pusat.

Demikianlah informasi tentang tutorial cara menghapus siswa pada verval PD. Silahkan bagikan artikel ini kepada teman – teman yang sedang membutuhkan. Terus support kami dengan terus mengunjungi website SIMADRASAH ini. Terima Kasih

Check Also

Cara Registrasi Akun Lembaga KSM (Kompetisi Sains Madrasah) 2021

Cara Registrasi Akun Lembaga KSM (Kompetisi Sains Madrasah) 2021

Cara Registrasi Akun Lembaga KSM (Kompetisi Sains MadrasaM) 2021 – Dalam waktu dekat ini pelaksanaan …

27 comments

  1. Dini fuziawati

    Bagaimana mengembalikan siswa yang sudah terlanjur dikeluarKan,,,

    • Jika sudah terlanjur dikeluarkan, silahkan hubungi admin kabupaten setempat Untuk berkoordinasi.

  2. Operator Emis MTs

    saya melakukan perubahan nama ketika tampil di daftar identitas terdapat dua baris nama yang sama karena takut ganda maka saya keluarkan nama yang salah ternyata keduanya terhapus. apakah siswa tersebut bisa dikembalikan atau bagaimana solusinya biar data tersebut kembali

  3. bagaimana cara mengeluarkan siswa di pdun, karena ada kelas 11 yang masuk dipdun,,?

  4. ya ada tapi nanti apa bisa masuk lagi,, terus cara memeasukkannya bagaimana dan lewat apa,,?

  5. cara mengembalikan siswa yg kelaur cara mengembalikanya lgi gmana?

    • Siswa keluar di PDUM hanya bisa dilakukan oleh akun kanwil melalui operator Kabupaten masing – masing. Jadi jika terlanjur keluar bisa dikorrdinasikan dengan Admin Kabupaten.

    • Hubungi Admin Kabupaten untuk diajukan Batal Keluar di vervalPD

  6. Muhammad zulkipli

    Saya terlanjur mengeluarkan siswa di vervalpd apa bisa di kembalikan lagi… Yg kedua saya juga sudah mengedit identitas siswa dan sudah tiga kali apa bisa di edit lagi

    • Slahkan di koordinasikan dengan Admin Kabupaten setempat, untuk proses pengembalian siswa yang terlanjut keluar, sebab akses menu pengembalian ada di akun Kanwil. Mengenai batas edit data juga silahkan koordinasi dengan Admin Kab. Terima Kasih

  7. Siswa aktif tp adanya d siswa kluar d vervalpd..
    Mohon bantuanya🙏🙏🙏

    • Ajukan batal siswa keluar, menu batal keluar yang berhak akses ada di kanwil. Maka dari itu jalur pembatalan harus melalui admin kabupaten terlebih dahulu, Jadi Silahkan koordinasi dengan admin kabupaten..

  8. jumlah siswa di verval PD ada 27 karena kelauar 1 tapi kenapa di PDUN siswa ada 27 tp displaying ada 28
    jadi pas upload EZ ke BIO UN ada siswa double jadi status GAGAL mohon solusinya

  9. ada siswa yang masuk dan hilang padahal tidak kami keluarkan di verval pd, kira-kira kenapa ya?

    • Cek di menu siswa keluar, kalau masuk ke menu itu, silahkan hubungi admin kab. Namun jika tidak ada berarti siswa tersebut terindikasi bnerada di sekolah lain.

  10. Kok d verval saya ngga ada menu keluarnya ya

  11. D verval saya ngga ada menu siswa keluarnya pak, kira2 itu kenapa ya?

  12. Saya udah registrasi operator di sdm.data.kemdikbud.go.id, sudah aktif dan bisa login. Tetapi ketika login di vervalpdnew.data.kemdibud.go.id, tidak bisa, selalu ada tulisan merah, Username atau Password tidak terdaftar. Bagaimana solusinya?

    • Sebelumnya harus isi atau melengkapi vervalsp terlebih dahulu, agar proses approval vervalpd dibuka aksesnya.

  13. saya login di vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id, pas sdah login halaman nya jadi vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id
    . dan tidak ada menu siswa keluar

  14. saya login di vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id, pas sdah login halaman nya jadi vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id
    . dan tidak ada menu siswa keluar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.