3 Cara Backup Aplikasi Raport Digital ( ARD )

3 Cara Backup Aplikasi Raport Digital ( ARD ) – Melakukan backup terhadap suatu data penting merupakan hal yang wajib dilakukan. Karena sesuatu yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Seperti halnya Aplikasi Raport Digital ( ARD ) yang menyimpan data raport seluruh siswa tentunya wajib melakukan backup.

Tujuan utama dari melakukan backup pada ARD adalah untuk mengamankan data baik itu data raport maupun data sistem Aplikasi Raportnya agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan. Karena menhindari lebih baik daripada sudah terjadi.

Dalam Aplikasi Raport Digital terdapat 3 macam backup yang dapat dilakukan. Masing – masing backup tersebut dilakukan oleh administrator dan juga dilakukan oleh wali kelas. Untuk proses backup pada ARD juga sangatlah mudah karena sudah ada menu backup pada aplikasi ARD.

Selain menu backup yang ada pada Aplikasi ARD terdapat tambahan backup yang juga menurut kami wajib dilakukan. Sebab dirasa lebih aman dengan melakukan ketiga backup tersebut.

Apa saja 3 cara backup ARD ?

simadrasah

3 Cara Backup Aplikasi Raport Digital ( ARD )

Baiklah pada kesempatan yang baik ini SIMADRASAH akan menyajikan tutorial untuk anda semuanya tentang 3 cara melakukan backup Aplikasi Raport Digital ( ARD ). Apa saja dan bagaimana cara backupnya ? silahkan perhatikan berikut ini :

A. Backup VDI ARD

Untuk yang cara backup yang pertama adalah melakukan backup VDI ARD. Jadi selama pengerjaan ARD semua data dan sistem aplikasinya berada didalam satu jenis file yang bernama VDI. Sehingga salah satu agar ARD aman adalah melakukan backup VDI.

VDI ini bukan VDI fresh ya, namun VDI yang dipakai oleh VM untuk menjalankan Aplikasi ARD jadi jangan salah paham terhadap VDI fresh dengan VDI yang dipakai.

Cara Backup VDI ARD

Cara backup VDI ARD sangatlah mudah anda cukup melakukan Copy – Paste VDI ke Disk lain atau Hardisk eksternal. Ingat ketika melakukan copy – paste pastikan VM atau aplikasi ARD nya sedang dalam kondisi OFF.

Dalam backup VDI ARD anda harus tau lokasi dimana VDI yang dipakai disimpan. Lokasi penyimpanan VDI tiap madrasah tidak tentu karena bergantung pada si penyetting ARD nya. Namun jika tidak tau anda bisa mengetahuinya melalui virtual box pada bagian menu penyimpanan.

Sebagai contoh dibawah ini cara mengetahui lokasi VDI.

Keterangan :

  1. Klik VM ARD
  2. Klik Pengaturan
  3. Klik Penyimpanan
  4. Klik ARD.vdi
  5. Lokasi ARD yang digunakan sudah terdeteksi seperti yang didalam kotak merah

Seteleh mengetahui lokasi VDI ARD nya silahkan telusuri pada file explorer jika sudah ketemu copy dan paste ke disk lain atau hardisk eksternal.

Seperti itu cara backup ARD dengan cara melakukan backup pada VDI ARD nya.

B. Backup Database ARD

Cara backup yang selanjutnya adalah melakukan backup pada Database ARD. Pada backup ini harus dalam kondisi Aplikasi ARD berjalan karena backup database ini disediakan pada menu singkron data. Jadi jika anda melakukan singkron database maka otomatis akan terdowload sebuah file database. Nah file itulah hasil backup yang perlu anda simpan pada disk lain atau Hardisk Eksternal.

Cara backup database ARD

  1. Login ARD sebagai Admin
  2. Klik Menu Singkron Data
  3. Scroll kebawah temukan menu Backup Database
  4. Klik Backup database
  5. Klik Backup yang ada keterangan tanggalnya ( Kanan atas )
  6. Tunggu hingga proses backup selesai
  7. Jika sudah selesai generated backup, selanjutnya klik link generate backup terbaru maka akan otomatis terdownload

Setelah berhasil terdownload databasenya silahkan copy dan pestekan di disk lain atau hardisk eksternal.

C. Backup Raport ke PDF

Cara ini bisa dilakukan oleh wali kelas masing – masing karena pada backup ini sudah bentuk jadi dalam tampilan raport. Jadi tiap raport siswa disimpan kedalam bentuk file PDF. Hal ini agar wali kelas dan tata usaha mempuyai arsip raport tiap siswa.

Backup ini sangatlah mudah sama halnya dengan ketika hendak mencetak raport, hanya saja pada bagian destination yang mulanya tertuju pada printer diganti save to pdf atau print to pdf setelah itu print atau simpan.

Cara Backup raport ke PDF

  1. Buka akun wali kelas
  2. Klik menu wali kelas – Raport
  3. Maka akan tampil daftar siswa dan tombol cetak raport
  4. Klik cetak raport
  5. Nah pada tampilan cetak silahkan ganti ke save to pdf

Maka nanti akan otomatis terdownload raport dalam bentuk PDF , nah silahkan lakukan pada semua siswa anda.

Itulah bapak ibu 3 cara backup pada ARD yang dapat anda lakukan. Untuk cara backup pertama dan kedua hanya bisa dilakukan oleh Administrator sedangkan yang ketiga bisa dilakukan wali kelas masing – masing atau Administrator.

Dari ketiga backup diatas alangkah lebih dabik dilakukan semuanya, karena lebih baik cari aman daripada menanggung resiko.

Demikianlah informasi tentang 3 Cara Backup Aplikasi Raport Digital ( ARD ), semoga informasi yang SIMADRASAH bagikan ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa bantu web SIMADRASAH agar lebih baik dengan cara share di social. Selain itu anda juga bisa request tentang apa saja yang sedang anda butuhkan. Silahkan tulis saja pada kolom komentar. Terima Kasih.

Check Also

Aplikasi Buku Kerja Guru 2021

Aplikasi Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Berbasis Excel Gratis

Aplikasi Buku Kerja Guru adalah aplikasi untuk membantu memudahkan Guru dalam membuat Administrasi mengajar Kurikulum 2013 - Download Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.