Juknis Asesmen Kompetensi GTK Madrasah AKG AKK AKP

Juknis Asesmen Kompetensi GTK Madrasah AKG AKK AKP -. Asesmen Kompetensi GTK Madrasah merupakan kegiatan pengukuran kompetensi yang ditujukan kepada Guru, Kepala Madrsah dan Pengawas Madrasah. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan mutu tenaga kependidikan madrasah.

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru ( AKG ), Asesmen Kompetensi Kepala ( AKK ) dan Asesmen Kompetensi Pengawas ( AKP ). Rencananya akan dilaksanakan bulan November 2020. Maka dari itu disampaikanlah Juknis Asesmen Kompetensi sesuai dengan Surat Dirjen Pendis Nomor B-1753/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/08/2020. Tentang Penyampaian Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah.

Juknis AKG, SKK dan AKG tertuang dalam SK Dirjen Pendis Nomor 4446 Tahun 2020. Tentang Petunjuk Teknis Asesmen Kompetensi Guru, Kepada dan Pengawas Madrasah.

Baca Juga : Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Madrasah

Petunjuk Teknis Asesmen Kompetensi Guru, Kepada dan Pengawas Madrasah.

Untuk mengukur profesionalisme guru, kepala dan pengawas madrasah yakni secara akademis dan non akademis. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah melakukanb Pengukuran akademis dilakukan secara rutin setiap tahun yaitu dengan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).

Kementerian Agama merupakan salah satu Kementerian yang berperan penting dalam dalam pencapaian target pembangunan pendidikan nasional. Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, Kementerian Agama menyelenggarakan layanan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Salah satu prioritas Rencana Strategis Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajara melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah.

Peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Lokus program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui kegiatan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah.

Salah satu langkah awal sebelum melakukan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah tersedianya baseline pemetaan kompetensi Guru dan Tendik madrasah. Baseline data pemetaan kompetensi tersebut dapat dilakukan melalui Asesemen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah.

Download Juknis Asesmen Kompetensi GTK Madrasah AKG AKK AKP

Berikut ini merupakan Juknis AKG AKK dan AKP yang dapat anda unduh melalui link yang kami berikan. File berupa PDF silahakn dipahami dan dipelajari terkait dengan pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah. Berikut link downloadnya.

Apabila tombol download diatas mengalai error atau rusa silahkan hubungi kami melalui kolom komentar.

Demikianlah informasi tentang Juknis Asesmen Kompetensi GTK Madrasah AKG AKK AK. Semoga Informasi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Terima Kasih.

Check Also

5 File Logo HUT RI 76

Download 5 File Logo HUT RI 76 Tahun 2021, PNG AI CDR PDF JPEG

5 File Logo HUT RI 76

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.