Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2020/2021 Kemenag ( Revisi )

Juknis Penulisan Ijazah Kemenag Edisi Revisi untuk RA, MI, MTs dan MA / MAK tahun pelajaran 2020 / 2021 sudah resmi rilis. Juknis tersebut didasarkan pada SK Dirjen Pendis Nomor 1835 Tahun 2021 tertanggal 19 April 2021 Oleh Subdirektorat Kurikulum dan Evaluasi  Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia 2021.

Juknis Penulisan Ijazah Kemanag tebaru ini merupakan Edisi revisi dari Juknis sebelumnya. Terdapat beberapa poin yang mengalami perbaikan agar dalan penulisan Ijazah ini semakin bagus. Oleh karena itu Pemerintah Kemenag utamanya merilis Juknis Penulisan Ijazah 2021 untuk dipedomani.

Baca juga : Aplikasi LPJ BOS Berbasis Excel Terbaru

Pentingnya Ketehati-hatian dalam Penulisan Ijazah

Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Ijazah ini hanya diberikan satu kepada yang berhak menerima, tidak ada cadangan pada tiap – tiap ijazah sehingga Ijazah sangat penting dan harus dijaga agar tetap utuh dan rapi.

Salah sedikit atau rusak sedikit akan menimbulkan masalah apalagi jika Ijazah sampai hilang atau rusak parah sehingga tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu dalam penulisan ijazah diatur dalam Juknis Penulisan Ijazah untuk Tahun 2020/2021.

Dalam lembaga pendidikan Madrasah terdapat jenjang RA, MI , MTs dan MA. Dan semua jenjang tersebut memiliki Ijazah tersendiri. Adapun Ijazahnya adalah :

  • Ijazah Raudhatul Athfal (RA) diberikan kepada peserta didik yang telahmenyelesaikan seluruh program pembelajaran pada RA dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan RA.
  • Ijazah Madrasah Ibtidaiyah (MI) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MI dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan MI.
  • Ijazah Madrasah Tsanawiyah (MTs) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MTs dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan MTs.
  • Ijazah Madrasah Aliyah (MA) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MA dan dinyatakan tamat belajar dari satuan pendidikan MA.

Baca juga : Contoh Format Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah Terbaru

Petunjuk Umum dalam Juknis Penulisan Ijazah 2021

  • Ijazah RA, MI, MTs, dan MA diterbitkan oleh satuan pendidikan yang telah memiliki izin operasional.
  • Ijazah RA, MI, MTs, dan MA, diisi oleh panitia yang tetapkan oleh kepala satuan pendidikan.
  • Ijazah ditulis tangan dengan baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.
  • Penulisan blangko ijazah dilakukan sesegara mungkin setelah satuan pendidikan menerima blangko ijazah dari Kabupaten/Kota/Provinsi. Setelah ijazah disahkan oleh kepala satuan pendidikan, selanjutnya ijazah dibagikan kepada peserta didik yang berhak menerima ijazah.
  • Jika terjadi kesalahan dalam penulisan blangko Ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko ijazah yang baru.
  • Blangko Ijazah yang salah dalam penulisan, disilang dengan tinta warna merah secara diagonal pada halaman depan dan belakang sebagai tanda bahwa blanko tersebut tidak sah digunakan.

Dalam Juknis Penulisan Ijazah RA MI MTs MA Terbaru 2021 Kemenag Edisi Revisi sudah dijelaskan secara Detail tentang bagaimana tata cara penulisan Ijazah baik untuk jenjang RA, MI, MTs dan MA / MAK. Sudah dijelaskan juga contoh – contoh ijazahnya dalam semua jenjang. Jadi penulis ijazah tinggal mempelajari apa yang ada dalam Juknis Penulisan Ijazah RA, MI , MTs dan MA.   Seluruh juknis dijadikan dalam satu file PDF yang terdiri atas :

  • Juknis Penulisan Ijazah RA
  • Juknis Penulisan Ijazah MI
  • Juknis Penulisan Ijazah MTs
  • Juknis Penulisan Ijazah MA
  • Juknis Penulisan Ijazah MAK

Tiap masing – masing jenjang dibedakan berdasarkan judul jenjang, maka dari itu silahkan gunakan Juknis sesuai jenjang masing – masing. Anda juga bisa mencetak Juknis keseluruhan atau mencetak juknis sesuai jenjang yang anda butuhkan saja.   Dihimbau kepada seluruh Madrasah untuk mematuhi Juknis penulisan yang telah ditetapkan.

Selain itu juga harap dipertegas lagi bagi petugas penulis ijazah agar tetap teliti, hati – hati dan fokus dalam menulis jangan sampai melakukan kesalahan dalam penulisan ijazah.  

Download Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2020/2021 Kemenag Edisi Revisi

 Untuk informasi lebih lengkap mengenai Juknis Penulisan Ijazah RA MI MTs MA Terbaru 2021 Kemenag, silahkan unduh juknisnya melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini.  

Download Juknis Penulisan Ijazah RA MI MTs MA Tahun 2020/2021 Revisi

 Apabila link donwload yang kami berikan mengalami rusak atau errors, silahkan hubungi kami melalui kolom komentar yang ada dibawah artikel ini.

Demikianlah informasi tentang Download Juknis Penulisan Ijazah RA MI MTs MA MAK Terbaru 2021 Kemenag Edisi Revisi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media agar teman atau madrasah lainnya mengetahui. Selain itu anda juga mendapatkan manfaatnya karena telah membagikan infomasi positif. Terima Kasih.

Ikuti kami di Sosial Media:

Facebook Simadrasah : https://facebook.com/simadrasah
Channel Youtube : Gomadrasah

Check Also

5 File Logo HUT RI 76

Download 5 File Logo HUT RI 76 Tahun 2021, PNG AI CDR PDF JPEG

5 File Logo HUT RI 76

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.