Cara Singkronisasi Data E-MANJA Terbaru

Cara Singkronisasi Data E-MANJA Terbaru – Pendataan Calon Peserta Ujian melalui E-MANJA saat ini sedang ramai – ramainya dikerjakaan. Sebab melalui E-MANJA ini menjadi sumber data utama siswa CAPESUN. Dikala sedang mengerjakan dan memantau E-MANJA, beredar informasi terdapat menu baru pada E-MANJA. Menu tersebut adalah SINGKRONISASI Data E-MANJA.

Menu SINGKRONISASi data ini digunakan untuk melaukukan pengiriman database terintegrasi ke verval pd dan PDUN. Sehingga besar kemungkinan akan memberi solusi pada permasalahan siswa belum masuk pada verval pd. Sedangkan data di E-MANJA jumlah by name dan lainnya sudah benar.

Informasi Singkronisasi Data E-MANJA ini pertama kali didaptkan dari Grup Helpdesk tingkat Jawa Tengah. Karena kebetulan admin SIMADRASAH anggota dari Grup Heldesk Jawa Tengah. Sehingga informasi ini bukan mengada – ngada.

Pemberitahuan Menu Singkronisasi E-MANJA

Agar lebih meyakinkan berikut ini kami sertakan inromasi terkait Singkronisasi E-MANJA beserata hal – hal penting lainnya :

Hanya untuk madrasah yg bermasalah data siswa blm lengkap atau belum muncul di Verval PD dan PDUN, sedangkan di E-Manja sudah lengkap!

Untuk Madrasah yang sudah sesuai di E-Manja, tapi belum muncul di VPD dan PDUN, data jumlah siswa dan by_name capesun siswa, silahkan klik sinkronisasi di E-Manja, data akan dikirim ke database integrasi. Lalu cek dan tunggu data di VPD dan PDUN sesuai dengan E-Manja, dan Manfaatkan jatah sinkron sebaik baiknya karena kesempatan hanya 3 kali sinkron.

Untuk Madrasah yang sudah upload file .ez di BIO UN dengan data yg sudah fix tidak perlu melakukan siknron.

Helpdesk Jateng

Dari pesan informasi diatas dapat diambil beberapa kesimpulan mengenai menu SINGKRONISASI E-MANJA. Salah satunya adalah siapa saja yang wajib dan tidak wajib melakukan SINGKRONISASI. Untuk selebihnya sesuai dengan pesan informasi diatas.

Cara Singkronisasi Data E-MANJA Terbaru

Baiklah sesuai dengan judul dan pokok pembahasan, pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara melakukan Singkronisasi data E-Manja. Bagi bapak ibu yang sedang membutuhkan silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka Google Chrome atau Mozilla Firefox
  2. Silahkan kunjungi web pendataan E-MANJA di http://emispendis.kemenag.go.id/e-manja/
  3. Login menggunakan masing – masing – masing akun
  4. Kemudian akan disuguhi menu tampilan Dashbord
  5. Klik Analisa Data
Cara singkron data e-manja
  1. Klik tombol warna orange yang bertuliskan 3 kesempatan
Cara singkron data e-manja
  1. Kemudian Klik Ya, Singkronisasi
Cara singkron data e-manja
  1. Tunggu hingga proses sukses dan selesai

Setelah sukses klik singkronisasi maka wajib memantau perkembangan data yang berada pada verval PD dan PDUN. Proses server integrasi dilakukan minimal 1×24 jam. Jadi harap bersabar menunggu dan terus memantau perkembangan verval PD dan PDUN.

Dalam melakukan singkronisasi pada E-MANJA hanya dibatasi hingga 3 kali saja. Jadi sebaiknya pastikan data anda sudah benar- benar valid sebelum melaukan singkronisasi.

Demikianlah informasi tentang Cara Singkronisasi Data E-MANJA Terbaru. Semoga dengan cara dan tutorial ini dapat membantu menyelasaikan maslaah yang sedang anda hadapi. Jangan lupa tetap dukung website SIMADRASAH ini agar eksis dalam berbagi informasi pengalaman dan tutorial lainya. Terima Kasih

Check Also

Hasil Tanya Jawa Emis 4.0 Via Zoom Meeting Sesi III Migrasi Data

Hasil Tanya Jawab Emis 4.0 Via Zoom Meeting Sesi III Migrasi Data

Hasil Tanya Jawab Emis 4.0 Via Zoom Meeting Sesi III Migrasi Data -. Pada tanggal …

32 comments

  1. gmn solusinya setelah di sinkronisasi selalu muncul kalimat :
    Terjadi kesalahan!
    Silakan ulangi kembali, atau hubungi admin.

  2. mts kumbara utama

    jatah sinkronku minus 1 pak admin.
    gemana tu ya?

  3. mohon pencerahannya, hapus data siswa capesun yang keluar di e-manja atau di verval pd?

  4. data sudah 3 kali syncron, ternyata masih ada salah, bagaimana biarbisa muncul lagi syncron untuk ke 4 atau ke 5 kalinya . ?

  5. Akhmad Huda (MAN 1 Pasuruan Jawa Timur)

    bisakah sinkron ditambah lagi karena kesempatan sinkron sudah habis, sementara masih ada siswa yang salah jurusan seharusnya IPA tapi tertulis IPS

  6. 3 X sinkron itu artinya dalam 1 x 24 jam atau 3 X klik sinkron ?
    Mohon penjelasannya

    • seetiap 1 kali singkron maka prosessnya 1 x 24 jam. itu standarnya,, tapi kadang bisa sampe lebih dari 24 jam.

  7. Saya edit data di emanja agar sinkron sma di veevalpd, tapi stlah sya edit sya isi dta yg gk sma di verval , mncul trjdi kslaahn gt2 aja stiap di cobA brkali2,
    Dan udah di coba di sinkronkn di emNja dlm keadaan blm sma data emNj dan vervalpd ,lalu buka pdun unduh file ez, data siswa msih kosong
    Mohon pncrahan nya

    • Edit data utama seperti Nama, TTL, NIS dilakukan di verval PD. Sedangkan data pelengkap seperti no peserta ujian., no ijaza, no induk itu dilakukan di e-manja. Jadi jangan salah persepsi jika edit data e-manja akan sama di verval pd. hasil dari e-manja dan vervalpd masuk ke PDUN.

      Nah di PDUN itu sebelum donwload ez pastikan setting no urut rombel dlu, kemudian cek data melalui unduh excel. Baru jika data sudah valid lanjut download ez. Seperti itu ibu..

  8. kalau sudah upload file ez di BIOUN, tapi masih ada tanggal lahir siswa yang salah, solusinya gmn y?

    • Solusinya lakukan edit di verval PD dengan melampirkan data pendukung. Setelah proses ajuan revisi di ACC. cek pada PDUN, jika di PDUN sudah berubah data yang benar maka download file dz/ez lagi. Nah untuk uploadnya silahkan datang ke dinas atau kemenag biar diarahkan.

      Sebab menu upload bioun pada tingkat kabupaten dan lembaga sudah ditutup. Jadi kemungkinan di suruh ke dinas wiayah / kanwil.

  9. siwa hilang satu di pdun dan verval pd padahal di emanja sdh lengkap..adakah solusi..?

    • Koordinasi dengan Admin kabupatem setempat. Untuk minya request atau lapor siswa belum masuk vervalpd agar diteruskan informasinya ke wilayah.

  10. Abd. Kodir Djaelani

    pas buka E-MANJA data di Emanja dan INTEGRASI ko’ beda ya pak? rata2 yang beda di NOPES, NO SERI DAN SK KHUN. kira2 masalahnya dimana dan bagaimana cara mengatasi? tingkat MI. Terimakasih

    • Seopengalaman saya jika nopes dan no seri ijazah sudah di isi di e-manja kemudian melakukan singkron datanya akan sama denga di PDUN. Silahkan di cek kembali pengisianny.

  11. saya sudah sering sinkron tapi tidak pernah berhasil. yang muncul hanya “terjadi kesalahan!” Silakan ulangi kembali, atau hubungi admin. padahal ada tiga siswa yang belum masuk di verval pd

  12. tetap 3 kali kesempatan

  13. Mustofa Zamzam

    Kalau rombel di integrasi tidak muncul, itu solusinya gemana pak

  14. assalamu’alaikum.. maaf pak mau tanya, saya hari selasa perbaikan nisn di verval pd, karena ada 3 siswa punya nisn ganda, satu siswa punya dua nisn, sampe sekarang belum berubah nisn di emanjanya… jd saya blm berani singkron.. padahal di pdun nisnnya sama kaya yang di vervalpd… mohon solusinya pak.. makasih…

    • Waalaikumsalam wr wb. Yang terpenting data di PDUN nya, sudah NISN yang benar dan Valid. karena yang di uplod pada BIOUN adalah file dz/ez dari PDUN.

  15. emanja masih bisa di perbaiki siswanya gak ya

  16. Bagaimana bila melakukan sinkron ternyata angka 3 diwarna yang orange tdk berubah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.