AplikasiAplikasi RaportARDTutorial

Cara Migrasi ARD Dari VDI lama Ke VDI Versi 16 Desember 2019

Menggunakan VDI ARD terbaru merupakan suatu opsi yang dapat dijadikan sebagai perbandingan. Apakah tetap memaki VDI lam atau VDI terbaru. Tentunya suatu aplikasi mengalami update pasti mengalami perbaikan dari masalah sebelumnya. Nah hal ini dilakukan pada Aplikas Raport Digital ( ARD ) yang terus mengalami perbaikan. Lalu bagaimana cara Migrasi ARD Dari VDI lama Ke VDI Versi 16 Desember 2019 ?.

Migrasi ARD dari VDI versi lama ke VDI versi 16 Desember 2019 yang merupakan VDI paling baru hingga saat ini. Hal tersebut sebenarnya opsional dan tidak ada perintah langsung dari pusat namun menjadi wajib apabila anda mengalami masalah. Seperti gagal update, data siswa ganda tidak bisa dihapus, cetak raport yang masih acak – acakan. Maka jika demikian anda wajib menggunakan VDI ARD versi 16 Desember 2019.

Mengapa VDI versi 16 Desember 2019 ? Sebab menurut intruksi dari Helpdesk yang sama mengurusi ARD bahwa VDI 16 Desember 2019 sudah megalami perbaikan dan paling stabil. Jadi apabila dengan VDI versi sebelumnya anda masih mengalami error maka wajiblah untuk migrasi ke VDI versi 16 Desember 2019.

Bagaimana Dengan Data Sebelumnya Jika Migrasi ke VDI Versi 16 Desember 2019 ?

Bapak ibu proktor tidak perlu khawatir dengan data sebelumnya yang sudah diinput. Proses Migrasi ini tidak memengaruhi data sebelumnya, namun harus melakukan backup database dulu. Hal ini agar data yang sudah di backup bisa di restore ke VDI baru sehingga semua data sebelumnya masuk ke VDI baru. Kecuali data Foto yang tidak masuk sebab foto terlalu besar jika dibackup dan menghambat proses restore maupun backup.

Baca Juga : Cara Melakukan Backup dan Restore Pada ARD ( APlikais Raport Digital )

Jadi pada intiya semua data ARD sebelumnya kecuali foto bisa dipindah ke VDI terbaru dengan cara Backup VDI lama dan Restore ke VDI baru. Sehingga tidak perlu input dari awal tetapi tidak berlaku untuk data Foto.

Melakukan migrasi tidaklah sulit cukup memasang VDI ARD 16 Desember 2019 di Virtual Box. Sedangkan untuk VDI versi lama tetap dibiarkan jangan dihapus. Karena VDI lama digunakan untuk mengambil data dari hasil Backup database.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan memberikan tutorial cara melakukan Migrasi dengan lengkap dan jelas. Serta jika kami sempat akan kami buatkan tutorial dalam video, doakan saja kami sempat membuatnya.

Baca Juga : Download VDI ARD Versi 16 Desember 2019

Cara Migrasi ARD Dari VDI lama Ke VDI Versi 16 Desember 2019

Baiklah langsung saja menuju tutorialnya, namun sebelum melakukan silahkan persiapkan bahan – bahan berikut :

  1. Pastikan sudah terinstal Virtual Box ( usahakan versi 6.0 keatas ).
  2. Pastikan sudah mempunya VDI 16 Desember 2019 ( Jika belum unduh DISINI ).
  3. Selain itu juga VDI ARD lama yang sudah ada datanya karena akan digunakan file Backupnya.

Jika sudah tersedia semuanya mari kita lanjutkan ke proses migrasi VDI ARD 16 Desember 2019. Silahkan perhatikan Diagram Alur Proses Migrasi yang sudah kami sediakan agar anda tidak bingung.

Bagan Alur Migrasi VDI ARD 16 Desember 2019

Cara Migrasi ARD Dari VDI lama Ke VDI Versi 16 Desember 2019
Alur Migrasi VDI ARD lama ke VDI ARD Baru

Jadi alurnya adalah file Backup databse dari VDI lama kemudian memasang VDI baru di virtual box beserta settingnya. Setelah VDI berjalan dan bisa login maka Update Aplikas terlebih dahulu ke veris 2.3.5. Baru ke proses restore untuk memasukkan data ke VDI baru.

Seperti itu kiranya alur urutan proses migrasi VDI ARD tanpa harus memulai input data dari awal lagi. Nah dalam langkah ini ada 4 tahapan yaitu pertama Download backup Database dari ARD. Kedua Memasang VDI baru versi 16 Desember 2019. Ketiga Update Aplikasi dan Restore Database ke VDI baru.

Baik mari kita mulai tahapan- tahapan mulair dari tahapan yang pertama :

Tahap #1 : Backup Database Dari VDI Lama

Tahapa satu adalah anda harus melakukan backup Database dari VDI ARD lama. Untuk cara Backupnya sudah kami bahas silahkan baca tutotorialnya pada link dibawah ini :

Jika sudah melakukan Backup Database kemudian matikan Virtual Machine/ Aplikasi ARD yang lama. Dan biarkan saja VDI ARD lama masi di virtua box jangan dihapus.

Tahap #2 : Instal VDI ARD Versi 16 Desember 2019 Pada Virtual Box

  1. Siapkan VDI ARD Versi 16 Desember 2019.
  2. Pastikan sudah terinstal Virtual Box Versi 6.0 keatas. Jika belum punya silahkan DOWNLOAD.
  3. Silahkan pasang VDI pada virtual box seperti biasanya.
  4. Jika menggunakan Virtual Box versi 6.0 keatas tidak perlu ganti UUID dengan syarat bedakan lokasi VDI nya.
  5. Jika sudah terpasang di Virtual Box silahkan jalankan (Start) Aplikasi ARD yang terbaru.

Sampai disini proses instalasi VDI ARD Versi 16 Desember 2019 sudah sukses. Nah selanjutnya ke tahapan Update Aplikasi ARD nya karena masih versi 2.3.4 maka harus Update ARD nya hingga ke versi terbaru 2.3.5. Beriktu cara updatenya.

Tahap #3 : Update Aplikasi ARD ke Versi 2.3.5

  1. Jalankan VDI ARD 16 Desember 2019 yang sudah anda instal sebelumnya.
  2. Jika sudah running silahkan akses alamat ARD di 192.168.0.102.
  3. Selanjutnya silahkan login dengan usernaem dan password masing – masing sesuai jenjang pendidikan.
  4. Pastikan sudah berhasil login ke Beranda ARD.
  5. Selanjutnya Klik Menu Singkron Data.
Cara Migrasi ARD Dari VDI lama Ke VDI Versi 16 Desember 2019
Menu Singkorn data
  1. Scrol kebawah dan Klik Menu Update Aplikasi.
Menu Update Aplikasi ARD
Tombol Update ARR
  1. Tunggu Hingga proses update selesai. Lalu Klik OK
Proses Update Aplikasi ARD Behasil pada VDI ARD terbaru
Proses Update Aplikasi ARD Behasil
  1. Setelah berhasil update silahkan Logout Kemduian Login kembali.
  2. Cek bagian bawah pastikan sudah berganti menjadi 2.3.5. Seperti gambar diawah ini.
Versi ARD sudah 2.3.5 pada VDI
Versi ARD sudah 2.3.5
  1. Selesai

Nah tahapan Update Aplikasi ARD ke versi 2.3.5 sudah sukses. Selanjutnya menuju ke tahapan keempat yaitu proses ESTORE Database.

Tahap #4 : Restore Database Ke VDI ARD Baru (Migrasi VDI ARD 16 Desember 2019)

Tahapan ke 4 adalah melakukan Restore Database ke VDI baru. Database yang digunakan adalah database hasil dari Backup yang anda lakukan tadi. Jadi pastikan sudah memiliki file Backup database jika belum lakukan Backup dulu.

Cara restore juga sudah kami bahas lengkap pada artikel sebelumnya, Silahkan jika belum tahu cara restore bisa membaca tutorialny pada link dibawah ini :

Pastikan sukses melakukan Restore Database, Sedikit tips agar anda tidak gagal dalam Proses Restore silahkan gunakan browser MOZILLA FIREFOX. Jika mengalami kendala silahkan kirimkan pertanyaan anda melalui klom komentar.

Demikian informasi tentang Cara Migrasi VDI ARD baru tanpa kehilangan data yang sudah diinput. Smeoga informasi yang sudah kmai bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media agar semua mengetahuinya. Terima kasih kepada anda yang telah mengunjungi web SIMADRASAH.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button