Cara Backup dan Restore ARD (Aplikasi Raport Digital)

Melakukan Backup dan Restore pada ARD ( Aplikasi Raport Digital ) merupakan langkah untuk mengatasi dari masalah error di ARD. Selain error backup dan restore juga dilakukan jika hendak migrasi atau pindah dari VDI lama ke VDI baru. Misalnya pada saat ini anda menggunakan VDI lama dan hendak menggunakan VDI ARD Versi 16 Desember 2019.

VDI ARD 16 Desember 2019 merupakan versi VDI ARD yang terbaru dan hingga saat ini belum ada update VDI terbaru lagi. Sedangkan versi Aplikasi ARD terakhirnya hingga saat ini adalah ARD Versi 2.3.5. Jadi pastikan versi ARD yang anda gunakan sudah maksimal dan stabil tidak terjadi error lagi.

Berdasarkan hasil review dari operator ARD bahwa versi ARD yang paling stabil adalah menggunakan versi 2.3.5. Sedangkan versi VDI nya menggunakan VDI 16 Desember 2019. Nah agara data yang sebelumnya berada di VDI lama bisa digunakan kembali dan tidak perlu mengulang mulai dari nol. Maka dapat menggunakan fitur Backup dan Restore data. File backup yang berhasil diunduh nantiya akan direstore ke VDI baru yang masih kosong. Sehingga tidak perlu input mulai dari nol.

Baca Juga : Download VDI ARD 16 Desember 2019 Tanap Limit

Cara Mudah Backup dan Restore Pada Aplikasi ARD

Pada aplikasi Raport Digital versi 2.3.4 hingga versi 2.3.5 sudah mendukung fitur Backup dan Restore Aplikasi ARD. Sehingga dapat kita manfaatkan untuk megamankan data dari error yang tidak pernah kita ketahui. File Backup bisa kita simpan pada Hardisk Eksternal agar aman. Jika suatu saat aplikasi rusak atau error maka kita sudah mempunya file backup untuk di restore kembali.

Pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara melakukan Backup dan Restore di ARD. Tutorial yang kami berikan lengkap dengan gambar penjelas agar lebih mudah dipahami. Jika sempat akan kami buatkan juga tutorial dalam bentuk video, doakan saja sempat.

Baiklah mari kita mulai, silahkan pehatikan langkah – langkah berikut ini :

A. Cara Backup Data Di ARD ( Aplikasi Raport Digital )

Dimulai dari backup data, pertama yang harus dilakukan adalah melakukan Backup Data. Karena pada proses backup data ini akan mengasilkan sebuah file database yang nantinya digunakan untuk proses restore.

Berikut ini cara melakukan Backup Data di Aplikasi Raport Digital :

  1. Jalankan Aplikasi ARD.
  2. Login dengan akun masing – masing.
  3. Pastikan berhasil login dan tampil halaman Dashboard.
  4. Klik Menu Singkron Data.
Cara Backup dan Restore ARD (Aplikasi Raport Digital)
Tampilan menu singkron data ARD
  1. Kemudian scroll (Geser) ke bawah cari menu Backup Database.
  2. Klik Tombol Backup.
  1. Klik tombol Backup yang ada info tanggal seperti contoh dibawah ini.
Cara Backup dan Restore ARD
Tombol backup ARD
  1. Otomatis proses backup berjalan dan tunggu hingga peroses generate database selesai.
  2. Setelah sukses generate database berari tandanya sudah berhasil Backup dan akan muncul pesan notifikasi Berhasil.
Cara Backup dan Restore ARD (Aplikasi Raport Digital)
Proses Backup Berhasil
  1. Bersamaan dengan itu pula file hasil Backup akan otomatis terdownload ke komputer. Silahkan file hasil backup anda simpan pada tempat yang paling aman.
  2. Selesai.

Baca Juga : Mengonlinekan ARD dengan Aplikais Localxpose.io

File yang dihasilkan dari backup database ARD berupa file yang berekstensi .ARD jadi pastikan sudah terdownload dengan baik dan anda simpan ke penyimpanan yang aman misalnya Hardisk Eksternal.

B. Cara Restore Di ARD ( APlikasi Raport Digital )

Merestore data atau lebih mudahnya mengembalikan data pada Aplikais Raport Digital dilakukan ketika mengalami error. Misalanya Error pada aplikasi ARD yang masih berantakan pada menu cetak raport. VDI rusak dan harus pindah ke VDI baru. Serta migrasi dari VDI lama ke VDI baru agar data masih utuh tanpa harus input dari awal lagi.

Jika mengalami demikian anda bisa melakukan Backup dan Restore pada ARD. Namun pastikan anda sudah melaukan backup dan memiliki file backup terlebih dahulu sebelum merestore Database ARD. Apabila sudah memilik file hasil backup maka anda langsung dapat merestore Data tersebut ke ARD dengan VDI terbaru.

Baiklah berikut ini urutan lengkap cara melakukan restore database ARD ( Aplikais Raport Digital) :

  1. Jalankan Aplikasi ARD.
  2. Login dengan akun masing – masing.
  3. Pastikan berhasil login dan tampil halaman Dashboard.
  4. Klik Menu Singkron Data.
Cara Backup dan Restore ARD (Aplikasi Raport Digital)
Menu Singkron Data
  1. Kemudian scroll (Geser) ke bawah cari menu Backup Database.
  2. Klik Tombol Backup.
Cara Backup dan Restore ARD (Aplikasi Raport Digital)
Menu Backup Database
  1. Selanjutnya Klik tombol Restore Database seperti gambar dibawah ini.
Cara Backup dan Restore ARD (Aplikasi Raport Digital)
Menu Restore Database
  1. Klik Browse dan silahkan cari file hasil backup database ARD anda.
Cara Backup dan Restore ARD (Aplikasi Raport Digital)
Tombol Browse untuk mencari file
  1. Jika sudah ketemu Klik Open.
Cari file hasil Backup Database
  1. Slenjutnya klik Restore.
Tombol restore
  1. Proses Restore akan berjalan dan tunggu hingga proses restore sukses.
  2. Jika anda menggunakan Google Chrome saat restore tiba – tiba muncul pesan “Page Not Response”. Silahkan klik tombol Wait. Tunggu lagi hingga proses berlanjut.
  3. Proses restore data berhasil ditandai degan muncul pesan notifikasi ” Backup Berhasil “. Klik OK dan artinya proses restore sudah selesai dan sukses.
  4. Silahkan cek halaman Beranda, pastikan rekapitulasi data sudah muncul di halaman beranda.
  5. Cek juga pada masing – masing data seperti Data Madrasah, Data Guru, Data Mata Pelajaran, Data Siswa dan Data Ekstrakurikuler. Pastikan sudah sesuai dengan data sebelumnya.
  6. Selesai.

Baca Juga : 3 Cara Backup Aplikasi Raport Digital agar Data Aman

Kesimpulan Backup dan Restore Pada Aplikasi ARD

Degan melakukan restore database pada Aplikasi Raport Digital maka data yang berada pada VDI lama akan muncul kembali. Dengan demikian anda tidak perlu melakukan input data ulang mulai dari awal. Cukup menambah atau mengurangi data sesuai yang anda butuhkan.

Sesuai dengan pesan tim ARD bahwa anda disarankan untuk melakukan Backup Database secara berkala guna antispasi jika terjadi Error. Sebab jika kita punya file backup maka dapat kita restore kembali data – data yang ada pada ARD ( Aplikadi Raport Digital ).

Demikianlah informasi tentang Cara Backup dan Restore pada Aplikasi Raport Digital ( ARD ). Semoga apa yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua yang sedang membutuhkan. Jangan lupa share artikel ini ke teman – teman . Terima kasih.

Check Also

Aplikasi Buku Kerja Guru 2021

Aplikasi Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Berbasis Excel Gratis

Aplikasi Buku Kerja Guru adalah aplikasi untuk membantu memudahkan Guru dalam membuat Administrasi mengajar Kurikulum 2013 - Download Gratis.

4 comments

  1. Hairil Anam

    Min ada solusi gak? upload nilai harian sukses, tetapi nilainya tidak muncul. ini berlaku di mapel Bahasa Arab kelas 7 dan IPS kelas 7 dan 8. barangkali ada solusi

    • Pastikan sudah klik Simpan semua, jika belum bisa download template lagi. Pastikan tidak ada tanda petik dalam deskripsi.

  2. kenapa ya ketika restore backup data based ko walau sudah sukses tp data tetap kosong, ada solusinya?

    • Ketika upload database bisanya browser akan Not respondingm nah itu dibairka saja sampai selesai. kalau di tutup paksa upload batal jadi datanya tidak masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.