Cara Membuat Barcode Online ! Berikut Tutorial Lengkapnya

Simadrasah.com – Membuat Barcode Online Dengan Mudah. Berikut ini tutorial lengkap cara membuat Barcode secara online tanpa Instal Aplikasi. Pembuatan barcode ini untuk kepentingan ID Card atau untuk Setifikat dan kepentingan Lainny.

Barcode adalah Kode batang, kode palang, atau kode bar adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D. (Source: Wikipedia).

Baca Juga : Cara Membuat Formulir PPDB Online dengan Google Form Gratis

Barcode itu berbeda dengan QR-Code namun kadang seringkali penyebutan Qr Code disamakan dengan Barcode. Perbedaanya yang sangat mencolok itu terletak pada tampilannya.

Barcode berupa garis, batang , line sedangkan QR-Code itu berbentuk persegi yang berisi data lebih komplek. Sedangkan Barcode berisi data lebih cenderung numerik atau huruf serta kalimat pendek.

Jadi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Sehingga penggunaan sesuai dengan apa yang akan dibutuhkan.

Baca Juga : Cara Membuat Ulangan Harian Online Menggunakan Google Form Gratis

Cara membuat Barcode Online Tanpa Instal aplikasi

Membuat Barcode Online Tanpa Instal Aplikasi

Di era teknologi saat ini membuat Barcode bisa dilakukan tanpa instal aplikasi. Perkembangan softaware berbasis website sangat pesat. Banyak bermunculan aplikasi berbasis website seperti aplikasi Convert PDF online , Editor Foto Online dan yang dibahas kali ini yaitu Barcode Generator online.

Membuat barcode bisa dilakukan dengan Online dan sangat mudah dilakukan. Semua pengguna dapat membuatnya sendiri tanpa harus bersusah payah. Selain mudah fitur ini juga banyak yang GRATIS.

Agar lebih mengerti dan terarah dalam mebuat barcode, admin akan memberikan tutorial cara membuat barcode secara online dengan mudah tanpa instal aplikasi.

Baca Juga : Cara Membuat QR CODE Mudah Berisi Link Website

Tutorial Cara Membuat Barcode Online

Baiklah berikut ini tutorial membuat Barcode Online, Silahkan bisa untuk dibaca dan dipahami.

Siapkan Data yang akan dijadikan Barcode

Data dapat berupa angka atau perpaduan angka dan kode huruf, tidak disarankan teks Panjang karena tidak cocok untuk barcode.

Buka Browser di Komputer / Laptop / Smartphone

Browser website bebas dapat menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini dan Browser lainnya.

Buka alamat web berikut : barcode.tec-it.com

Kunjungi alamat web tersebut melalui web browser yang anda miliki.

Baca Juga : Cara Disable / Mematikan Windows Defender Lengkap

Pilih Linear Code

Setelah web terbuka pilih mode Linear Mode dan pilih Code-128, terserah mau tipe mana tetapi yang biasa digunakan Code-128. Namun tidak ada patokan khusus pemilihan tipe berdasarkan kebutuhan.

Cara membuat Barcode Online Tanpa Instal aplikasi 1

Masukkan Data

Ketikkan atau Copy Paste Data yang sudah anda persiapkan pada kolom isian Data yang nantinya akan di konversi menjadi Barcode.

Untuk membuat Barcode lebih dari satu data silahkan copy paste datanya kebawah. Setiap satu data dipisahkan berdasarkan baris kebawah jadi antar data diberi ENTER. Kemudian beri ceklist pada ” Generate one barcode per row” Seperti gambar contoh dibawah ini.

Cara membuat Barcode Online Tanpa Instal aplikasi 2

Klik Refresh

Setiap melakukan update pada Kolom Data, pastikan selalu menekan tombol refresh untuk memperbarui Data yang telah dimasukkan.

Klik Icon Gerigi

Jika ada pengaturan lebih terhadap Barcode yang dihasilkan silahkan bisa Klik Icon Gerigi dan anda bisa Setting sesuai kebutuhan. Jika tidak ada maka dibiarkan saja tidak perlu melakukan setting.

Cara membuat Barcode Online Tanpa Instal aplikasi 3

Baca Juga : Cara Mengganti Inchi ke Centimeter Pada Microsoft Word

Klik Download

Langkah selanjutnya anda bisa Klik Tombol Download berwarna merah untuk mendapatkan Barcode yang telah anda buat tadi. File Barcode akan terdownload sebanyak jumlah data perbaris sesuai dengan data yang anda inputkan yang ditempatkan dalam 1 file Winrar.

Ekstrak File Winrar

Cari file winrar yang telah berhasil anda download tadi, kemudian ekstrak file nya, nah file Barcode sudah bisa anda gunakan.

Itulah tutorial Cara Membuat Barcode Online Dengan Mudah. Sebenarnya banyak sekali tool online untuk membuat barcode di Internet. Anda juga bisa membaca artikel Cara Membuat QR CODE berisi Link website yang ketika di scan dengan Android maka secara otomatis mengunjungi sebuah alamat web.

Baikl demikian tutorial membuat Barcode Online tanpa Instal aplikasi baik dari PC Laptop atau Smartphone Android. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button