InternetTeknologiTutorial

Cara Membuat QR CODE Mudah Berisi Link Website

Pernahkah anda menyecan QR Code yang kemudian otomatis membuka sebuah link website ?. Apakah anda ingin membuatnya sendiri ?. Anda tepat sekali sudah membaca artikel ini karena pada pembahasan kali ini akan mengulas Cara Membuat QR CODE Mudah dan Praktis Berisi Link Website.

Sebenarnya membuat KODE QR sangatlah mudah, siapapun bisa melakukannya. Dulu memang sangat sedikit aplikasi untuk membuatKODE QR. Namun sekarang ini sudah banyak aplikasi pembuat KODE QR bahkan tanpa melakukan Instalasi software pada komputer. Jadi sekarang ini membuat KODE QR bisa dilakukan oleh siapa saja baik menggunakan komputer atau Smartphone Android.

QR CODE ini dapat dimanfatkan untuk berbagai keperluan seperti untuk membuat kode pada suatu produk, membuat alamat lokasi google maps agar lebih simpel, bahkan sekarang ini digunakan untuk melaukan pembayaran.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju kini KODE QR sudah merambah ke bidang pendidikan. Seperti halnya yang tertera pada brosur dan poster PPDB serta Event – event kampus. Disitu terdapat sebuah KODE QR yang berisi alamat link website informasi pendaftaran secara lengkap. Dengan demikian pembaca tidak perlu mengetikkan alamat website secara manual.

Baca Juga : Cara membuat Formulir PPDB Onlinen dengan Google Form

Tutorial Cara Membuat QR CODE Berisi Link Website

Pada kesempatan kali ini SIMADRASAH.COM akan memberikan tutorial cara membuat KODE QR. Disini admin akan menggunakan alamat link website yang akan dijadikan sebagai isi dari QR CODE. Misalnya link yang akan digunakan adalah link pendaftaran Siswa Baru.

Oh iya hampir kelupaan, untuk membuat KODE QR kali ini tidak perlu install software / aplikasi karena admin akan menggunakan aplikasi berbabsis website. Sehingga cukup tersedia browser dan koneksi internet saja sudah bisa membuat KODE QR dengan mudah.

Baiklah mari kita mulai tutorialnya, silahkan baca penjelasan yang lengkap dengan gambar dibawah ini:

PERTAMA, Silahkan buka browser anda bisa Chrome atau Firefox dan akses alamat web berikut –> https://id.qr-code-generator.com/

Membuat Kode QR
Akses website generator QR CODE

KEDUA, Pastikan alamat yang diakses tersebut sudah terbuka semuanya hingga tampil seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat QR KODE berisi link website Online 2
Tampilan QR CODE Generator

KETIGA, Pastikan menu yang sudah terpilih adalah URL seperti yang sudah admin lingkari merah.

QR Code Generator Online
Menu URL

KEEMPAT, Selanjutnya silahkan copy alamat link website yang akan dijadikan KODE QR dan Paste di kotak yang tersedia.

Tahapa Keempat
Kolom memasukkan URL

KELIMA, Klik “Buat Kode QR” dan tunggu hingga proses generate QR CODE selesai.

Tombol Buat KODE QR
Tombil Buat KODE QR

KEENAM, Setelah selesai anda dapat mempercantik tampilan KODE QR nya dengan bingkai.

Menu bingkai untuk mempercantik kode QR
Menu bingkai untuk mempercantik kode QR

KETUJUH, Jika sudah bagus langsung tombol ” UNDUH JPG ” atau “Vector SVG/EPS”

Langkah ke tujuh
Tombol Download QR CODE yang sudah jadi

KEDELAPAN, Tunggu proses generate download selesai, File QR CODE akan otomatis terdownload.

Langgkah kedelapan
KODE QR otomatis terdownload

Selesai file KODE QR yang baru saja anda buat sudah jadi dan siap digunakan pada Brosur atau Poster PPDB. Nah itulah tutorial cara membuat KODE QR secara online yang berisikan Link Website. Jadi anda tidak perlu bingung dan susah lagi untuk membuat KODE QR karena sudah admin SIMADRASAH jelaskan lengkap dengan gambar.

Tutorial Versi Video

Baca Juga : Cara Menyimpan Hasil Google Form ke Google Spreadsheet (Excel Online)

Informasi Tambahan

Informasi tambahan ya di web Generator QR CODE yang digunakan tadi itu bisa digunakan tidak hanya Link website saja. Tetapi masih banyak fitur lainnya yang bisa anda manfaatkan secara gratis. Nah anda bisa berkreasi sendiri untuk memanfaatkan fitur yang telah tersedia.

Baiklah sepertinya sudah cukup jelas tutorial Cara Membuat KODE QR Mudah Berisi Link Website secara online. Jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah artikel ini.

Demikian tutorial cara membuat QR CODE secara online, semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan. Nah jika artikel ini bermanfaat silahkan bantu kami agar lebih semangat menyajikan tutorial – tutorial dengan cara share artikel ini ke sosial media. Akhir kata kami mohona maaf dan terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button