Cara Membuat Ulangan Harian Online Menggunakan Google Form Gratis

Membuat Ulangan Harian Online Dengan Google Form Gratis – Semenjak sekolah dan madrasah berhenti beroperasi dikarenakan wabah virus covid-19. Sehingga menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara daring (Online). Banyak sekali cara untuk melakukan pembelajaran daring dari rumah misalnya yang paling simpel yaitu bisa dengan Grup sosial media seperti WhasApp (WA). Dikarenakan daring maka perlu membuat soal ulangan harian online dengan google form gratis.

Selain itu setiap pembelajaran pasti terdapat kegiatan evaluasi untuk menguji kemampuan siswanya. Namun disaat kondisi belajar di rumah tidak mungkin untuk melakukan ulangan seperti biasanya. Nah solusinya adalah membuat ulangan harian online dengan menggunakan Google Form.

Kenapa menggunakan Google Form ? Google form merupakan sebuah aplikasi online yang dibuat untuk membuat fomulir online. Selain itu juga google form memiliki fitur yang cukup bagus yaitu bisa digunakan sebagai test online. Lebih bagusnya lagi fitur yang diberikan google form itu dapat kita gunakan secara GRATIS.

Baca Juga : Cara Membuat Formulir PPDB Online Dengan Google Form

Google Form sangat mudah digunakan karena cukup klik apa yang mau dibuat maka sudah terpasang pada lembar kerja google form. Jadi tidak perlu melakukan penambahan kode – kode khusus. Terpenting anda harus menyiapkan daftar soal lengkap dengan kunci jawabannya yang nantinya akan di masukkan ke google form agar menjadi soal ujian online.

Cara Membuka Google Form

Cara membuka Google Form sangatlah mudah syaratnya anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Karena Google Form ini produk milik google yang bisa diakses dengan menggunakan email google juga atau gmail. Jika belum mempunyai email google silahkan buat terlnih dahulu.

Baiklah jika email sudah siap maka silahkan anda bisa membuka website google form pada link tombol dibawah ini :

Setelah membuka alamat websitenya kemudian klik Buka Google Formulir yang tersedia pada website google form.

Membuat Ulangan Harian Online Menggunakan Google Form Gratis

Nah kemudian akan diarahkan ke halaman login, disitu silahkan login dengan menggunakan email google alias GMAIL. Setelah berhasil masuk maka bisa lanjut ke proses pembuatan atau pengisian soal dan jawaban pada google form.

Baca Juga : Cara Backup dan Restore Aplikasi Raport Digital ( ARD )

Memasukkan Soal dan Jawaban Pada Google Form

Nah sahabat simadrasah selanjutnya yang harus dilakukan untuk membuat test online dengan Google Form adalah memasukkan soal dan kunci jawabannya pada google form. Hal ini ditujukan agar nanti siswa bisa mengakses soal ulangannya sementara itu jawaban yang telah dimasukkan nantinya akan mengoreksi ototmatis. Sehingga setelah siswa mengirim jawabannya maka akan tersimpan hasilnya dan langsung dapat dilihat.

Baiklah berikut ini cara membuat ulangan harian online dengan Google Form :

1. Pastikan sudah login ke google from seperi yang sudah kami jelaskan diatas tadi.

2. Selanjutnya Klik Blank Quiz atau Kuis Kosong.

Memulai Membuat ulangan harian dengan Google Form

3. Berikan nama file google form yang dibuat sesuai kebutuhan dengan meng-klik bagian pojok kiri atas.

Memberi judul pada google form

4. Setelah itu buat Header, bagian ini silahkan anda cutom sendiri bisa disesuaikan dengan header sekolah atau madrasah. Cara klik pada bagian tulisan besar Kuis Kosong, lalu ketikkan headernya. Jangan lupa pada bagian deskripsi juga ketikkan sesuai dengan yang anda inginkan.

Menambahkan Header Soal Ulangan Harian pada Google Forms

5. Selanjutnya masuk ke Inti yaitu pengisian soal, Caranya dengan meng-klik pada tulisan Perntanyaaan Tanpa Judul kemudian tuliskan soal atau bisa copy – paste dari file word/PDF yang sudah anda miliki.

Membuat Ulangan Harian Online Menggunakan Google Form Gratis

6. Tepat dibawah pertanyaan terdapat opsi pilihan ganda (Multiple Choice). Pada bagian ini silahkan isikan pilihan ganda bisa anda tambahkan opsi A, B, C, D, dan E atau bisa juga tidak diberi.

Membuat Ulangan Harian Online Menggunakan Google Form Gratis

Silahkan ulangi tahap pembuatan sia

Nah untuk membuat soal dan pilhan ganda sudah selesai, tapi masih ada hal perlu dilakukan yaitu memasukan kunci jawaban serta poin per soal. Hal ini untuk memudahkan kita dalam pengkoreksian serta pemberian nilai.

Baca Juga : Cara Migrasi ARD dari VDI Versi lama ke VDI Versi 16 Desember 2019

Memasukkan Kunci Jawaban dan Poin Persoal

Selanjutnya adalah memasukkan kunci jawaban dan poin, agar setelah siswa mengerjakan dan mengirim jawabannya maka otomatis terkoreksi dan nilai langsung muncul.

1. Caranya Klik Kunci Jawaban setelah itu pada pagian kanan atas berikan poin persoal sesuai dengan kebutuhan.

Membuat Ulangan Harian Online Menggunakan Google Form Gratis

Setiap satu soal diberikan poin sesuai dengan rasio jumlah soal. misalnya membuat 10 soal nah setiap soalnya diberi poin 10 jika benar semua jawabannya maka score yang diperoleh 100.

2. Setelah proses diatas maka akan muncul tampilan dimana terdapat pilhan ganda yang dibuat tadi. Nah silahkan cek atau pilih pilihan ganda yang benar untuk menentukan kunci jabawan seperti panah nomor. Jangan lupa berikan poin dibagian panah nomor 2 setelah itu klik selesai sepeti panah nomor 3.

Silahkan ulangi pada setiap soal yang anda buat, jadi setiap soal diproses seperti itu agar proses rekap nilai bekerja dengan baik. Dari proses awal diulang – ulang terus hingga ke soal terakhir.

Nah sahabat simadrasah itulah tutorial Cara Membuat Ulangan Harian Online Menggunakan Google Form Gratis. Sebenarnya masih terdapat cara lagi agar hasil kerjaan siswa terekap dalam sebauh file excel. Namun tidak kami bahas langsung disini karena terlalu panjang.

Tutorial membuat rekap kerjaan siswa dengan google form akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Untuk itu rajin – rajinlah mengunjungi website simadrasah ini.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Ulangan Harian Online Menggunakan Google Form Gratis. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua yang sedang membutuhkan. Terima Kasih.

Check Also

Aplikasi Buku Kerja Guru 2021

Aplikasi Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Berbasis Excel Gratis

Aplikasi Buku Kerja Guru adalah aplikasi untuk membantu memudahkan Guru dalam membuat Administrasi mengajar Kurikulum 2013 - Download Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.