Cara Membuat Formulir PPDB Online dengan Google Form Gratis

Membuat Formulir PPDB Online dengan Google Form Gratis – Memasuki semester genap lembaga sekolah dan madrasah dipastikan sudah merencakan agenda besar tahunan yaitu PPDB atau sering dikenal Penerimaan peserta didik baru. Berbagai media promosi dibuat untuk memperkenalkan masing – masing lembaga.

Dalam pelaksanaan kegiatan PPDB pastinya tidak bisa lepas dengan urusan administrais siswa. Salah satunya yaitu terkait dengan Biodata Peserta Didik baru. Pada awal proses memasuki jenjang sekolah pasti calon peserta didik baru diberikan formulir pendaftaran untuk diisi dengan Biodata diri. Hal tersebut dilakukan sebagai data awal dan bukti bahwa sudah mendaftar pada suatu sekolah / madrasah.

Di era yang serba digital ini penggunaan formulir berupa kertas sudah berganti menjadi Formulir Digital. Sekolah – sekolah dan lemabaga sudah mulai menggnti formulir digital. Ya pastinya jika beralih ke Formulir Digital membutuhkan biaaya untuk pembuatan apalikasi.

Biasanya aplikasi fomulir pendaftaran ini sepaket dengan aplikasi PPDB yang harganya cukup mahal bagi madrasah yang baru berkembang. Namun sekarang cukup menggunakan Google Form kita sudah bisa membuat formulir pendaftaran PPDB.

Google Form Produk Google Gratis Digunakan

Salah satu produk dari Google yang sangat bermanfaat ini bisa digunakan secara GRATIS selain email dan Google Drivenya. Google Form ini bisa digunakan siapa saja gratis dengan syarat harus mempunyai akun Gmail.

Nah dengan Google Form kita dapat memanfaatkannya sebagai formulir pendaftaran PPDB online Gratis tanpa tambahan biaaya apapun. Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan Google Form dalam bidang pendidikan. Namun Kali ini khusus membahas untuk Formulir Pemdaftaran Peserta Didik Baru.

Formulir yang dihasilkan sederhana tidak serumit aplikasi – aplikasi PPDB yang berbasis web. Jika dibandingkan fitrunya jelas lebih unggul aplikasi yang berbayar. Tetapi dengan google form ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan data awal penerimaan siswa baru.

Selain itu pembuatannya cukup mudah tidak perlu memiliki keahlian sklii coding. Cukup hanya klik – klik saja menu yang tersedia formulir bisa jadi.

Contoh Fomulir PPDB online dengan Google Form

Sebagai contoh agar anda tidak penasaran seperti apa jadinya formulir PPDB online. Sudah kami sediakan contoh formulir yang sudah jadi. Bagi anda yang ingin mencobanya silahkan klik tombol Demo dibawah ini.

Cara Membuat Formulir PPDB Online dengan Google Form Gratis

Baiklah pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat formulir PPDB online dengan Google Form. Silahkan persiapkan akun Gmail aktif untuk membuat Formulir PPDB dengan Google Form.

Jika sudah punya aku Gmail, silahkan lanjut ke tutorial pembuatan Formulir PPDB berikut ini :

Proses Editing Google Form

Lagkah awal yang harus dilakukan adalah proses editing google form. Pada proses ini ada beberapa hal yang penting yaitu. kolom inputan data apa saja yang ingin ditambahkan. Standarnya adalah Biodata siswa, Data kependudukan, Data Wali dan Data Sekolah jenjang sebelumnya.

Selain itu bisa anda tetukan dan tambah sendiri apa saja Biodata yang anda butuhkan. Anda juga bisa menambah form upload data seperti KK/Akte Kelahiran. Jika sudah ditentukan langsung menuju langkah membuat Formulirnya.

Langkah – langkah Membuat Formulir Pendaftaran PPDB Online dengan Google Form

Berikut ini langkah – langkah cara membuat Formulir Pendataan PPDB dengan Google Form. Silahkan perhatikan baik – baik :

  1. Silahkan buka link berikut ini https://www.google.com/forms/about/ .
  2. Kemudian Klik Got to Goole Forms.
  3. Selanjutnya Login dengan Akun Gmail anda.
  4. Kemudian Buat Formulir baru dengan Klik Form kosong seperti gambar dibawah ini.
  5. Sampai disini sudah tampil lembar kerja. Disini anda bisa membuat Formulir sesuai kebutuhan.

Dalam google form sudah tersedia menu – menu apa saja yang ingin ditambahkan ke formulirnya. Sebagai penjelas berikut ini keterangan fungsi menu pada google form agar anda tidak bingung.

1. Membuat Judul Formulir

Untuk membuat judul formulir anda dapat dapat menuliskannya pada bagiaa yang sudah kami contohkan pada gambar berikut ini. Sehingga formlit yang kita buat nantinya ada judul (Header) sesuai dengan identitas Madarsah.

2. Membuat Teks keterangan atau Instruksi / sub judul

Anda dapat menambahkan teks sebagai sub judul agar tiap formulir terpisahkan. Misalnya Form Identittas Diri, Informasi Pendidikan, Informasi Orang Tua dan lainnya. Caranya sangat mudah anda cukup menambahkan teks pada google form dengan cara berikut :

  • Kik Icon teks pada google form.
  • Kemudian ketikkan sub judul yang diinginkan.

3. Membuat Form Isian Data

Ini merupakan hal pokok karena isian data yang merupakan tujuan utama dari formulir online. Cara membuatnya cukup hanya dengan menambah menu pertanyaan dan mengubahnya menjadi pertanyaan isian. Cara lengkapnya sebagai berikut :

  • Klik icon tambah (+) pada menu google form.
  • Kemudian akan muncul menu pertanyaan.

Secara default menu pertanyaan masih berupa pertanyaan pilihan ganda. Untuk itu kita custom menjadi pertanyaa isian agar pendaftar bisa menulis biodatanya. Caranya sebagai berikut :

  • Pada menu pertanyaan klik teks “tulisan ganda” seperti yang saya beri tanda kotak.
  • Kemudian akan muncul beberapapilihan jenis pertanyaaan . Silahkan klik pertanyaan singkat atau paragraf.
  • Setelah itu tulis pertanyaan pada kolom menu pertanyaan yang telah tersedia.
  • Silahkan tambahkan pertanyaan isian sesuai dengan kebutuhan anda dengan mengulangi cara diatas atau klik duplikat.

4. Membuat menu dropdown ( Isian Pilihan )

Menu dropdown adalah menu yang ketika di klik muncul pilihan menu data kebawah. Contoh mudahnya pada form excel emis dulu pada kolom jenis kelamin, disitu ada tombol panah kebawah yang ketika diklik muncul menu pilihan Laki- laki / Perempuan. Nah anda bisa memilih salah satu dari pilihan tersebut.

Pada Google From ini kita dapat membuatnya yang dapat diaplikasikan untuk pembuatan menu Jenis Kelamin, Asal sekolah, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan. Cara membuatnya sama dengan membuat menu pertanyaan isian bedanya hanya pada pemilihan jenis pertanyaan.

Untuk membuat pertanyaan dropdown pada jenis pertanyan bisa memilih jenis pertanyaan Drop-Down. Cara lengkapnya sebagai berikut :

  • Pada menu pertanyaan klik teks “tulisan ganda” seperti yang saya beri tanda kotak.
  • Kemudian akan muncul beberapapilihan jenis pertanyaaan . Silahkan klik Drop-Down.
  • Setelah itu tulis pertanyaan pada kolom menu pertanyaan yang telah tersedia.
  • Kemudian ketik juga opsi yang akan ditampilkan pada menu dropdown yang nantinya ketika diklik akan muncul menu opsi tersebut.

5. Membuat Menu Upload Berkas file

Pada google form juga anda dapat membuat menu file upload yang dapat kita gunakan untuk meminta file data Scan / Foto. Seperti halnya data berkas yang dibutuhkan untuk mengerjakan EMIS yaitu :

  1. Akte Kelahiran.
  2. Kartu keluarga.
  3. SKHUN dan Ijazah
  4. Kartu PKH, KIP, KPS dan lain – ain.

Jadi anda langsung mendapatkan biodata sekaligus berkas pendukungnya berupa soft file. Cara untuk membuat form upload sangat mudah. Tinggal mengganti jenis prtanyaan menjadi Upload File seperti ini :

  • Pada menu pertanyaan klik teks “tulisan ganda” seperti yang saya beri tanda kotak.
  • Kemudian akan muncul beberapapilihan jenis pertanyaaan . Silahkan klik Upload
  • Atur jenis file yang anda inginkan atau dibiarkan saja sudah cukup.
  • Atur berapa ukuran batas ukuran file yang diupload

Dengan demikian anda akan mendapatakan soft file yang tersimpan ke Google Drive anda.

6. Menyimpan data Isian Formulir pada Spreadsheet

Data yang diisikan oleh pendaftar agar tersimpan rapi maka kita arahkan ke Google Spreadsheet. Hal ini akan mempermudah dalam megambil data ke komputer kita. Hanya tinggal download maka dapat kita buka dengan menggunakan Excel jadi tidak perlu mengetik ulang pendaftar yang sudah masuk.

Berikut untuk menyimpan data ke Spreadsheet :

  • Pada formulir klik menu respon
  • Kemudian klik icon membuat spreadsheet
  • Maka secara otomatis akan menuju spreadsheet

Kesimpulan

Nah anda dapat membuat form PPDB online dimasa saat – saat sekolah diliburkan krena wabah pendemi COVID-19 dengan menggunakan google form. Selain gratis cara pembuatannya juga cukup mudah tinggal klik darg and drop tidak perlu coding.

Demikianlah informasi tentang cara membuat formulir PPDB Online Gartis dengan Google form. Terima Kasih sudah mengunjungi website simadrasah.

Check Also

10 Twibbon Tahun Baru Islam 2021, 1 Muharram 1443 H - TERBAIK !!! (1)

10 Twibbon Tahun Baru Islam 2021, 1 Muharram 1443 H – TERBAIK !!!

10 Twibbon Tahun Baru Islam 2021, 1 Muharram 1443 Hijriyah -. Sebentar lagi umat Islam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.