AplikasiAplikasi RaportARDInfo MenarikTeknologiTutorial

Cara Mengatasi Mapel Tidak Muncul Setelah Restore Data Pada ARD

Cara Mengatasi Error Mapel Tidak Muncul Setelah Restore Data Pada ARD. Dalam proses migrasi VDI ARD lama ke VDI ARD terdapat hal penting yang wajib di lakukan. Hal tersebut yaitu melakukan Restore Data dari VDI lama ke VDI baru. Namun ketik telah berhasil restore data terdapat masalah yaitu mapel tidak muncul pada menu atur mapel pada setia guru.

Anehnya ketika dicek pada menu daftar mapel ternyata sudah lengkap semua mapelnya. Namun tidak bisa muncul ketika hendak mengatur mapel. Alhasil di tambah mapel pada guru hanya ada daftar kosong.

Kasus tidak muncul – nya mapel ini kami alami sendiri ketika migrasi dari VDI ARD lama ke VDI ARD baru versi 16 Desember 2019. Tentunya kami juga melakukan restore database dari data sebelumnya.

Penyebab Mapel Tidak Muncul Setelah Restore Data

Menurut hasil pengamatan kami bahwa masalah tersebut disebabkan karena melakukan restore data. Setiap mapel pada VDI mempunyai ID dalam system ARD. Nah migrasi diibaratkan sebagai pindah rumah baru pasti belum hafal ini ruangan apa gunanya apa seperti itu.

Agar hafal setiap ruangnya maka wajib dikenalkan satu persatu agar tersimpan di memori otak. Sama halnya Mapel sudah terisi namun tidak tahu arah munculnya dimana. Secara pemahaman mudahnya seperti itu.

Dari paparan singkat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa mapel yang sudah ada dari hasil restore belum terbaca atau bisa belum bisa terbaca ID mapelnya dalam sistem. Sehingga ketika akan menyetting mapel pada guru maka hanya tampilan kosong saja yang muncul.

Cara Mengatasi Error Mapel Tidak Muncul Pada ARD

Setelah menegetahui penyebabnya maka selanjutnya adalah memprbaiki dan mengatasi error mapel tidak muncul pada ARD. Cara umtuk mengatasinya cukup mudah. Terdapat 2 cara yang dapada anda gunakan. Masing – masing cara akan kami berikan tutorialnya lengkap dengan gambar.

Baiklah berikut ini 2 cara mengatasi Error Mapel Tidak Muncul Pada ARD setelah melakukan restore Data :

1. Menambah ulang Data Mapel Tanpa Menghapus mapel yang sudah ada

Untuk cara yang pertama ini tidak perlu menghapus mapel pada menu Mata Pelajaran. Jadi cukup ditambahkan lagi saja nanti otomatis akan muncul notif sudah ada mapel. Bisa dikatakan melakukan simpan ulang daftar mapelnya. Untuk Cara lengkapnya sebagai berikut :

  1. Buka Aplikasi Raport Digital.
  2. Login sebagai admin.
  3. Klik menu Mata pelajaran.
  4. Kemudian akan muncul daftar mata pelajaran yang sudah ada.
  5. Klik tombol Tambah Manual.
mengatasi Error Mapel Tidak muncul pada ARD
  1. Kemudian tambahkan mapel sesuai dengan mapel yang ada di daftar tadi.
mengatasi Error Mapel Tidak muncul pada ARD
  1. Klik Simpan – Lalu OK
  2. Ulangi tambah mapel satu persatu sesuai dengan jumlah mape pada masing – masing tingkat kelas.
  3. Setelah semuanya selesai silahkan cek pada setting mapel ke Guru. Alhamdulillah muncul daftar mapel saat klik tombol tambah mengajar.
mengatasi Error Mapel Tidak muncul pada ARD

Dengan cara diatas kami akhirnya bisa mengatasi error mapel tidak muncul pada ARD pada setting mapel per guru. Sehingga dapat memplot mape pada masing – masing guru. Namun apabila dengan cara pertama tidak berhasil silahkan gunakan alternatif cara kedua.

2. Menambah ulang Data Mapel Dengan Menghapus mapel yang sudah ada

Cara yang kedua untuk mengatasi error mapel tidak muncul pada ARD ini diawali dengan menghapus semua data mapel terlebih dahulu. Lalu baru menambahkannya lagi secara manual satu persatu. Meskipun terdapat menu genarate mapel tapi alangkah lebih baiknya gunakan cara manual saja. Agar mapel yang kita tambahkan dapat terkontrol dan tidak ada yang ganda.

Berikut ini cara lengkapnya :

  1. Buka Aplikasi Raport Digital.
  2. Login sebagai admin.
  3. Klik menu Mata pelajaran.
  4. Kemudian akan muncul daftar mata pelajaran yang sudah ada.
  5. Klik Hapus satu persatu pada setiap mapel hingga semua mapel terhapus.
mengatasi Error Mapel Tidak muncul pada ARD
  1. Klik tombol Tambah Manual.
Tambah manual apel pada ARD
  1. Kemudian tambahkan mapel sesuai dengan mapel yang ada di daftar tadi.
Menyimpan mapel ulang pada ARD
  1. Klik Simpan – Lalu OK
  2. Ulangi tambah mapel satu persatu sesuai dengan jumlah mape pada masing – masing tingkat kelas.
  3. Setelah semuanya selesai silahkan cek pada setting mapel ke Guru.

Dari kedua cara diatas sudah kami coba sendiri dan hasilnya alhamdulillah bisa mengatasi masalah yang terjadi yaitu error mapel tidak muncul pada ARD. Dengan demikian bisa berjalan denga lancar hingga ke proses pengisian data lainnya.

Baiklah sahabat Simadrasah terim kasih telah mengunjungi website kami. Terus dukung Simadrasah dengan cara mengunjungi dan membagikan artikel sebanyak banyaknya. karena tanpa dukungan dari anda semua SImadrasah tidak bisa menjadi seperti ini.

Demikian infromasi tentang tutorial Cara Mengatasi Mapel Tidak Muncul Setelah Restore Data Pada ARD. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button