Cara Mengatasi Verval Ijazah S1/D4: Data Prodi Tidak Ditemukan

Cara Mengatasi Verval Ijazah S1/D4 Data Prodi Tidak Ditemukan – Dikala sedang melakukan Verval Ijazah S1/D4 ternyata terdapat suatu masalah. Masalah tersebut ialah ketika hendak mengisi prodi terjadi masalah “Data Prodi Tidak Ditemukan”. Sehingga menghambat proses verval tidak sampai tuntas.

Permasalahan yang muncul pada proses Verval merupakan hal yang sudah wajar. Sebab sistem aplikasi Simpatika buatan manusia yang butuh penyempurnaan wakti demi waktu. Nah hal tersebut mengakibatkan masalah diatas tadi. Ketika akan memilih nama universitas dan program studi, tetapi sistem tampil pesan “Tidak Ditemukan”.

Bagaimana cara mengatasi dan solusi terkait permasalahan Data Prodi Tidak Ditemukan ?

Kasus ini tidak terjadi pada semua PTK namun pasti ada yang mengalami hal serupa. Namun seperti biasa jika ada masalah jangan terlalu panik. Usahakan tetap tenang dan mencari jalan keluar dan bisa bertanya kepada pihak yang lebih paham.

Sebab verval Ijazah S1/D4 pada simpatika sangtalah penting terutama untuk Guru yang sudah bersertifikat pendidik. Sedangkan jangka waktu untuk menyelsaikan juga pastinya dibatasi atau hingga Dateline yang telah ditentukan.

Pada intinya seluruh PTK terutama yang bersetifikat pendidikan harus menyelesaikan Proses verval S1/D4. Karena apa ? sebab masih ada agenda simpatika selanjutnya, jadi harus selesai sebelum pelsksanaan jadwal simpatika selanjutnya meliputi etak Kekatifan Kolektif (S25), SKMT dan SKBK (S29), hingga terbitnya SKAKPT.

Bagaimana Solusi Mengatasi Data Prodi Tidak Ditemuka ?

Pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan membahas bagaimana cara mengatasi Prodi Tida Ditemukan ketika Verval S1/D4. Disini simadrasah memberikan 2 solusi yang bisa anda gunakan sebagai pedoman.

Kedua solusi ini bisa anda jadika opsi untuk mengatasi dan mencari solusi terkait permasalah Data Universitas ProdI tidak ditemukan. Baiklah berikut ini 2 solusi mengatasi data prodi tidak ditemukan.

Cara Pertama

Cara pertama merupakan solusi yang kami REKOMENDASi. Sebab tidak perlu menunggu hal yang tidak pasti. Daripada hanya menunggu maka bisa melaukan pengisian data meskipun Prodi tidak ditemukan.

Ketika anda sedang melakukan proses verval S1/D4 dan ternyata nama Universitas atau Program Studi “TIDAK DITEMUKAN”. Maka pilih saja pilhan ” TIDAK DITEMUKAN”

Nah setelah memilih “Tidak Ditemukan” maka akan muncul kolom isian kosong yang dapat dimanfaatkan. ISIKAN data nama Universitas anda atau Prodi sesuai dengan ijazah anda pada kolom isian yang kosong tadi.

Selepas itu lakukan proses verval hingga cetak surat ajuan. kemudian kirimkan surat ajuan dan jangan lupa dilampiri berkas Ijazahh ke Admin Kab/Kota setempat. Sambil berkoordinasi lagi terkait dengan Prodi Tidak Ditemukan.

Cara Kedua

Untuk cara yang kedua ini anda cukup menunggu dan memantau perkembangan SIMPATIKA. Karena kemungkinan Database Simpatika belum update atau belum diperbaiki terkait dengan prodi. Sehingg anda perlu menunggu hingga Universitas dan nama prodi Muncul pada SIMPATIKA.

Namun cara kedua ini tidak kami sarankan karena jika terlalu lama menuggu dan belum ditemukan. Maka akan menunda verval sedangkan waktu penerjaan verval S1/D4 dapat dikatakan terbata. Jadi alasan utama tidak disarankan cara ini adalah keterbatasan waktu akeses verval S1/D4.

Apabila anda hanya menunggu, tiba – tiba ada pengumuman dateline pasti panik. selain itu juga belum laporan permasalahan tersebut langsung diberikan solusi. Jadi jika sampai batas akhir pengerjaan verval masih belum muncul dan belum meyelesaikan verval maka anda sendiri yang rugi.

Korodinasi Dengan Admin Kab/Kota

Nah sebelum melakukan salah satu solusi diatas bisa berkoordinasi terlebih dahulu dengan admin Kab/Kota terkait masalah Prodi tidak ditemukan. Hal ini bermaksukan agar masalah tersebut dilaporkan ke atas, apakah ada solusi atau memang seperti cara pertama.

Karena dengan berkoordinasi dan berkomunikasi tentunya akan mendapatkan sedikit lega. Dan kemungkinan akan mendapat solusi. Lebih baik berkomunikasi daripada hanya diam saja.

Kesimpulan

Dari kedua cara dan solusi diatas memang belum terbukti ril dan masih dalam tahap spesikulasi. Tapi setidaknya anda sudah mempunyai gambaran dan pikiran untuk berkoordinasi. Nah alangkah lebih baiknya kordinasi dulu dengan Admin Kab/Kota.

Hal tersebut dikarenakan admin Kab/Kota memiliki otoritas menyetujui atau menolak verval Ijazah S1/D-IV adalah Kemenag Kab/Kota. Jadi teruslah berkoordinasi dulu dengan teman dan Admi Kab/Kota.

Baik demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Verval Ijazah S1/D4 Data Prodi Tidak Ditemukan. Semoga pembahasan dari SIMADRASAH ini dapat sedikit membantu semua yang membutuhkan.Terima Kasih.

Check Also

Cara Registrasi Akun Lembaga KSM (Kompetisi Sains Madrasah) 2021

Cara Registrasi Akun Lembaga KSM (Kompetisi Sains Madrasah) 2021

Cara Registrasi Akun Lembaga KSM (Kompetisi Sains MadrasaM) 2021 – Dalam waktu dekat ini pelaksanaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.