InfoSimpatikaTutorial

TERBARU, Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika

Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika – Upadate terbaru dari SIMPATIKA pada awal semester Genap Tahun 2019/2020. Bahwa terdapat proses Verval yang harus diselesaikan oleh PTK, yaitu Proses Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 pada akun Simpatika.

Sebenarnya menu Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika ini sudah aktif sejak semeseter kemarin. Tetapi menu tersebut belum bisa digunakan secara maksimal dan masih belum sempurna. Sehingga belum di infokan secara resmi untuk vervalnya.

Maka dari itu pada semester genap tahun 2019/2020 inilah, SIMPATIKA megumumkan secara resmi proses Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika.

Semestinya ajuan Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 pada Simpatika ini dilakukan oleh semua PTK. Tetapi untuk semester genap ini hanya diberlakukan dan difokuskan bagi Guru – guru yang sudah sertifikasi atau bersertifikat pendidik. Jadi bagi yang merasa bersertifikat pendidik silahkan dipersiapkan segala sesuatunya.

Dasar Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 Pada Simpatika

Pemberlakukan aturan Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika ini didasarkan pada implementasi Hal ini terkait dengan pemberlakuan Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik.

Dasar tersebut tertuju pada ini poin yaitu tentang guru yang bersertifikat pendidik harus mengajar sesuai mata pelajaran sertifikasinya atau yang biasanya disebut linieritas.

Jika demikian bagaiamana dengan guru bersertifikasi tetapi tidak mengajar sesuai mape sertifikasinya ?

Simadrasah.com

Kami belum mengetahui mengenai kejelasan dari hal tersebut, akan kami konsultasikan kepada yang bersangkuta. Insya Allah akan kami bahas pada postingan berikutnya.

Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika

Baiklah bapak ibu guru yang kami hormati, kembali lagi ke topik pembahasan yaotu megenani Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika. Masalah linier ataau tidak linier tunggu saja jawabannya nanti.

Nah pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan memberikan tutorial Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika. Silahkan bagi bapak ibu guru yang membutuhkan silahkan perhatkan langkah – langkah berikut.

Data / Berkas yan harus dipersiapkan

  1. File Scan berkas Ijazah S1/D4 atau sesuai kualifikasi ijazah sertifikasinya
  2. Laptop / Komputer ( Tidak disarankan HP )
  3. Koneksi internet

Langkah – langkah Ajuan Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika

  1. Buka alamat web simpatika di http://simpatika.kemenag.go.id/ .
Layanan  Simpatika
Layanan Simpatika
  1. Silahkan login sebagai GURU.
  2. Apabila sudah berhasil login, Klik Menu Layanan Simpatika PTK.
Layanan Menu PTK
Menu PTK
  1. Kemudian otomatis akan muncul notifikasi untuk melakukan Verval Ijazah S1/D4. Notif ini muncul bagi yang belum melakukan verval. Klik Verval Ijazah.
Notifikasi verval bagi yang belum melakukan Verval
Notifikasi verval bagi yang belum melakukan Verval
  1. Sedangkan bagi guru yang sudah pernah melaukan verval Ijazah S1/D4. Pada menu beranda Guru, pilih menu Perubahan Data Kepegawaian. Kemudian pilih menu Verval Ijazah.
Notifikasi yang sudah pernah melakukan verval
Notifikasi yang sudah pernah melakukan verval
  1. Kemudian langkah seterusnya. klik Lihat Data untuk melihat jenjang pendidikan yang sudah ada pada akun Guru. Jika sudah menampilkan nama univertsitas dll berarti sudah pernah melaukan Verval. Jika belum maka akan tampil stri ( – ) saja.
Verval lihat data
Verval lihat data
  1. Selanjutnya, dibawah menu lihat data ada menu Ajukan Verval. Silahkan Klik Ajukan Verval.
Menu Ajukan verval
Menu Ajukan Verval
  1. Muncul kotak dialog Ajuan Ijazah S1/D4, Klik icon panah kebawah, kemudian pilih Ubah Data. 
Menu ubah data
Menu ubah data
  1. Maka akan tampil menu isian data riwayat pendidikan. Silahkan lengkapi semuanya termasuk file scan yang di upload. Untuk upload scan ijazah silahkan klik Pilih File dan cari file scan ijazah anda. ika sudah sesuai maka Klik Simpan Perubahan.
Data Riwayat Pendidikan
Data Riwayat Pendidikan
  1. Jika ada guru yang memiliki lebih dari satu Ijazah, seperti jenjang Pendidikan S2 dan S3, dapat ditambahkan dengan klik ikon “+”.
Tambah Data Ijazah
Tambah Data Ijazah
  1. Input data Ijazah S2 yang dimiliki oleh Guru, pastikan menginputkan data secara benar. jika sudah sesuai maka Klik Simpan Perubahan.
Tambah Data Ijazah S2 dst
Tambah Data Ijazah S2 dst
  1. Apabila anda sudah yakin dengan data yang dimasukkan sudah benar maka Klik Simpan & Ajukan
Menu Simpan & Ajukan
Menu Simpan & Ajukan
  1. Kemudian akan muncul notifikasi bahwa proses ajuan verval ijazah berhasil. Silahkan Klik Cetak Surat Ajuan
Cetak Surat Ajuan
Cetak Surat Ajuan
  1. Silahkan cetak hasil SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA IJAZAH (S12e) dan serahkan ke Kemenag Kota/Kab yang menaungi, untuk dilakukan verval dan persetujuan perubahan data rinci Anda.
Surat Pengajuan Perubahan Data Ijazah (S12e)
Surat Pengajuan Perubahan Data Ijazah (S12e)

Proses Verifikasi dan Validasi Admin Kab/Kota

  1. Setelah anda mengirimkan surat SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA IJAZAH (S12e) . Maka silahkan tunggu dan pantau perkembangan akun simpatika anda.
  2. Proses verifikasi admin Kab/Kota untuk menyetujui atau menolak ajuan yang anda lakukan
  3. Jika disetujui oleh Admin kab/Kota maka akan tampil informasi “Telah Disetujui oleh kantor Kemenag Kab/Kota”. Dan ada simbol centang hijau diatasnya.
Verval S1 Disetujui oleh admin Kab/Kota
Verval S1 Disetujui oleh admin Kab/Kota

Jadwal Pelaksanaan Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3

Sesuai dengan informasi yang telah diumumkan pada layanan simpatika. Proses Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 dapat dilakukan mulai tanggal

3 Februari 2020.

Informasi layanan simpatika

Namun dari hasil uji coba dan laporan beberapa guru ternyata sudah bisa dilakukan dan hasilnya tersimpan. Jadi silahkan bapak ibu guru untuk bisa melakukan proses verval sebelum lalu lintas Simpatika terlalu ramai.

Seperti itulah bapak ibu guru cara melakukan verval ijazah S1/D4 , S2 serta S3. Proses ajuan verval ini wajib dilakukan oleh PTK, sebab menjadi salah satu syarat kelayakan tunjangan guru (TPG).

Linier atau tidak linier diharapkan untuk melakukan verval ijazah S1/D4 , S2 serta S3. Apapun hasilnya kita ikuti aturan yang telah ditetapkan. Sedangkan terkait linieritas mengajar semoga saha tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah tutorial Cara Verval Ijazah S1/D4, S2, dan S3 di Simpatika. Semoga informasi yang kami bagikan ini dapar bermanfaat bagi bapak ibu guru semuanya. Jangan lupa terus dukung web SIMADRASAH dengan cara Share artikel – artikel sebanyak banyaknya. Agar kami semangat dalam membuat tutorial dan informasi lainnya. Terima Kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button