AplikasiUNUnbk

Flyexam, Aplikasi CBT UNBK Gratis Mudah Digunakan

Flyexam, Aplikasi CBT UNBK Gratis – Aplikasi UNBK saat ini sangat banyak sekali, dari yang gratis hingga yang berbayar. Tentunya aplikasi UNBK atau yang dikenal sebagai Aplikasi CBT ( Computer Based Test ) mempuanya fungsi yang sama. Fungsi uatamanya adalah untuk melakukan Simulasi, Try Out dan Ulangan.

Salah satu aplikasi UNBK mirip aplikasi UNBK Puspendik adalah FLYEXAM. Aplikasi Flyexam adalah aplikasi yang digunakan sebagai aplikasi Ujian berbasis komputer. Namun bisa digunakan juga untuk Try Ou dan ulangan serta ujian lainnnya.

Dengan Aplikasi FlyExam anda dapat melaksanakan Ujian / Simulasi Mandiri / Try Out dan lainnya dengan perangkat komputer atau Android. Jadi Flyexam ini tidak hanya bisa digunakan dengan client komputer saja, melainkan juga bisa digunakan dengan Android juga.

Flyexam Mudah Digunakan Bagi Admin dan Client

Ingatkah teman – teman dengan aplikasi UNBK mirip puspendik yang ramai digunakan ketika awal – awal ada UNBK ?, Ya dulu sangat banyak pengguna Beesmart dan Woka. Bahkan hampir semuanya menggunakannya sebagai saran latihan dan simulias serta TryOut. Hal tersbut disebabkan karena Beesmart dan Woka Gratis.

Tampilan Flyexam
Tampilan Token Pada Flyexam

Tetapi Beesmart dan Woka memiliki kelemahan yaitu susah digunakan, Terutama dalam penulisan soal. Penulisan soal terkesan rumit dan tidak bisa fleksibel. Jadi hal ini sangat memberatkan guru mapel atau proktor karena harus setting sendirian.

Berbeda dengan Flyexam, Aplikasi FlyExam memang tidak sama persis dengan CBT UNBK Puspendik, Beesmart dan Woka. Tetapi dari segi kenyamanan dan kemudahan Flyexam lebih unggul. Dalam pembuatan soal sangat mudah, karena suda suppeor Word, Jadi hanya menggunakan Word sudah bisa upload soal tidak seperti Beesmart dan Woka.

Spesifikasi Minimum Komputer Server dan Client

Untuk spesifikasi komputer yang digunakan sebagai komputer server tidaklah harus core i5 karena aplikasi ini tak seberat UAMBN-BK dan UNBK. Sehingga bisa menggunakan spesifkasi minimum berikut ini :

Komputer Server

Spesfikasi Minimum

  • Processor core 2 duo 3 Ghz
  • RAM 4 Gb
  • Operating System windows 64 bit
  • 2 Local Area Network (LAN)

Spesifikasi Rekomendasi

  • Processor Core i5 atau Core i7 3 Ghz
  • RAM 8 GB
  • Operating System windows 64 bit
  • 2 Local Area Network (LAN)

Komputer Client

Untuk client sebenarnya bisa menggunakan Android tetapi aplikasi exambrowser client versi android tidak gratis alias berbayar dengan harga Rp. 3000/Apps. Sedangkan jika menggunaka client komputer / laptop tidak bayar sama sekali. Berikut spesifikasi komputer

Spesifikasi Minimum

  • Processor pentium 4 3 Ghz
  • RAM 2 Gb
  • Operating System windows 32 bit
  • 1 Local Area Network (LAN)

Spesifikasi Rekomendasi

  • Processor core 2 duo 3 Ghz atau Diatasnya
  • RAM 4 Gb
  • Operating System windows 64 bit
  • 1 Local Area Network (LAN)

Metode Penggunaan Aplikasi CBT UNBK Flyexam

Aplikasi ini terdiri dari 2 jenis metode yaitu metode VDI dan Metode Database Xampp. Sebenarnya keduanya sama menggunakan Xampp namun yang VDI sudah dibungkus rapi dengn VDI yang dijalan dengan menggunakan Virtual Box. Jadi mirip dengan UAMBN BK yang sama menggunakan VDI juga.

Lalu harus memilih aplikasi yang metode VDI atau Xampp ?

Nah agar tidak salah pilih silahkan baca penjelasan berikut ini mengenai metode Aplikasi Flyexam. Hal ini agar anda tidak salah memilih metode aplikasinya.

Metode VDI ( Virtual Box )

Metode ini sangat kami sarankan untuk anda semuanya. Sebab dengan menggunakan aplikasi metode VDI ini anda tinggal memasang VDI layaknya memasang VDI pada virtual box sebelumnya. Kemudian tinggal setting IP server dan client untuk akses Flyexam.

Jadi anda tidak perlu repot melakukan konfigurasi file pada xampp, cukup pasang VDI , atur IP server dan Client aplikasi sudah bisa dijalankan.

Metode Xampp

Metode ini tidak disarankan untuk pengguna yang tidak tau mengenai mysql , database dan htdocs aplikasi xamp. Sebab jika menggunakan metode xampp ini harus melakukan konfigurasi file – file Flyexam. Selain itu uga juga harus membuat dan inport database pada phpmyadmin.

Jadi tidak disarankan untuk anda yang tidak paham dengan langkah tersebut meskipun ada tutorialnya. Kecuali jika anda paham kode php dan lain – lain terkait xamp.

Kedua hasil diatas sudah kami praktekan dan hasilnya lebih mudah settingnya menggunakan metode VDI. Sedangkan ketika kami coba menggunakan metode xamp banyak pesan error yang muncul. Jadi saran kami gunkan metode VDI saja.

Download VDI Flyexam Gratis

Bagi bapak ibu proktor yang ingin mencoba aplikasi CBT Flyexam, bisa mendownloadnya melalui link yang akan kami sediakan. Untuk ukuran VDI nya sekitar 1,8 Gb jadi disarankan dowload menggunakan internet local atau Wifi dan jangan menggunakan kuota data seluler.

File VDI terbagi menjadi ber part – part agar proses download tidak korup. Silahkan unduh semua part nya untuk tiap part ukurannya 100 Mb, berikut link download VDI Flyexam :

Buku Panduan Penggunaa : Download

Petunjuk Instalasi dan Password : Download

Silahkan download semua part VDI flyexam diatas dan setelah semua part terdownload jangan lupa ekstrak part nomor 1. pastikan part – part tersebut berada dalam satu folder agar proses ekstrak sukses.

Ikuti saja buku panduan pengguna dan petunjuk instalasi dan password. Semuat tutorial sudah didokumentasikan pada buku panduan. Namun jika belum paham akan kami ulas pada artikel berikutnya.

Demikianlah informasi tentang Flyexam, Aplikasi CBT UNBK Gratis Mudah Digunakan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang sedang membutuhkan aplikasi Try out, Ujian, Ulangan Harian. Jangan lupa share ya….

Related Articles

7 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button