Perbedaan UN dengan AKM Yang Wajib Diketahui

SIMADRASAH.COM , Perbedaan UN dengan AKM Yang Wajib Diketahui – Dihapusnya Ujian Nasional pada jenjang pedidikan Sekolah menengah mengakibatkan pertanyaan. Karena UN yang sebelumnya dilaksankan namun mulai tahun pelajaran 2020/2021 digantikan dengan Istilah AKM ( Asesmen Komptensi Minimum ). Jadi dihapusnya UN bukan berarti tidak ada Ujian hanya saja sistem dan jenis materi yang diujikan berbeda.

Pertanyaan yang banyak sekali dibicarakan yaitu mengenai Perbedaan UN dengan AKM. Mulai dari siswa hingga ke guru masih bertanya tanya seperti apa AKM itu ?.

Hal yang wajar karena memang Sistem AKM ( Asesmen Kompetensi Minimum ) ini upaya baru sebagai pengganti UN ( Ujian Nasional ). Jadi bagi guru patut mempertanyakannya agar paham itu AKM. Siswa juga wajib tahu apa itu AKM agar mereka tidak salah pengertian terhadap AKM.

Baca juga : Jadwal Simulasi Skala Besar SSB UBKD Tahun 2020

Perbedaan UN dengan AKM

Pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan memberikan beberapa informasi terkait perbedaan yang ada pada kedua Ujian tersebut. Seperti apa perbedaanya ? Mulai dari Sistem, Teknis, model soal dan apa saja akan kami rangkum agar lebih Informatif.

Baiklah berikut ini perbedaan UN dengan AKM yang sudah kam jadikan Table agar mudah dipahami.

PerbedaanUNAKM
Jenjang PenilaianSMP / MTs, SMA / MA, dan SMKSD / MI, SMP / MTs, SMA / MA, dan SMK
Label SiswaTingkat Akhir5, 8, 9 ( Optional ). 11 dan 12 ( Optional )
Subjek SIswaSensus Seluruh SiswaSensus sekolah dan Sample Siswa
Tingkat Jenis TesHighstakeLowstake
Model SoalPilihan Ganda dan Isian Singkat
( Matematika SMA / SMK )
PG, PGK, Menjodohkan, Drag & Drop, Highlight, Isian singkat,
Essay dan Soal Interaktif
Periode Te Persiswa4 hari2 Hari
Mode PelaksanaanSemi OnlineFull Online Supervised ( Utama ), Semi Online dan Offline ( Sekolah tertentu )
Metode PenilaianComputer Based test ( CBT )Computerized Adaptive Testing (CAT), dengan Multistage Adaptive Testing (MSAT)
Spesifikasi Minimal Infra SekolahServer Sekolah, Komputer Client dan BandwidthServer sekolah tidak perlu, Computer Client memory 2 GB, Resolusi 1360 x 768 dan
Windows 7 keatas. Bandwidth 20 Mbps untuk 50 Peserta

Itulah tabel perbedaan UN dengan AKM yang perlu anda ketahui. Jadi terdapat banyak perbedaan diantaranya keduanya silahkan anda bisa menelaah lebih dalam lagi.

Baca Juga : Cara Mudah Katrol Nilai Siswa Otomatis dengan Aplikasi

Jadi AKM ini perlu dikenalkan dengan Siswa agar lebih tahu tentang apa itu AKM. Sementara itu mengenai infrstruktur pelaksanaan AKM yang menjadi sorotan adalah Bandwidth Internet 20 Mbps per 50 Siswa.

Maka dari itulah pada spesifikasi minimal infra sekolah bagian AKM disebutkan spesifikasi perangkat. Hal tersebut berhubungan dengan mode pelaksanaan yaitu sekolah penyelenggara Utama dan Sekolah tertentu menggunakan metode Semi Online, Full Online dan Offline.

Baiklah demikian informasi tentang Perbedaan UN dengan AKM Yang Wajib Diketahui. Semoga informasi yang kami bagikan ini dapat bermanfat bagi Semuanya. Terima kasih.

Check Also

Aplikasi Bank Soal PPPK 2021

Download Aplikasi Bank Soal PPPK 2021 Gratis di Android

Download Aplikasi Bank Soal PPPK 2021 Gratis di Android – Dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.