Download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG -. Asesmen Kompetisi Guru yang disingkat AKG merupakan kegiatan Uji Kompetensi untuk GURU. Pelaksanaan AKG ini diikuti moleh Guru Madrasah dalam lingkung Kementerian Agama. Tujuan dari AKG adalah untuk meningkatkan Mutu dan Kualitas Tenaga Pendidik Madrasah. Sehingga Madrasah menjadi lebih baik dan lebih baik Madrasah.

Pelaksanaan AKG dilakukan dengan melalui serangkain proses tes secara online. Guru akan mejalani tes yang dihadapkan dengan Soal Asesmen Kompetensi Guru. Maka dari itu agar mendapatkan hasil yang memuaskan maka perlu melatih diri dengan latihan Soal AKG.

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru ( AKG ), Asesmen Kompetensi Kepala ( AKK ) dan Asesmen Kompetensi Pengawas ( AKP ). Rencananya akan dilaksanakan bulan November 2020. Maka dari itu disampaikanlah Juknis Asesmen Kompetensi sesuai dengan Surat Dirjen Pendis Nomor B-1753/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/08/2020. Tentang Penyampaian Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah

Juknis AKG, SKK dan AKG tertuang dalam SK Dirjen Pendis Nomor 4446 Tahun 2020. Tentang Petunjuk Teknis Asesmen Kompetensi Guru, Kepada dan Pengawas Madrasah

Baca Juga : Download Juknis Asesmen AKG , AKP dan AKG

Contoh Soal dan Jawaban Asesmen Kompetensi Guru AKG

Pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan membagikan Contoh Soal dan Jawaban AKG. Soal tersebut dapat anda gunakan untuk berlatih dan mengenali lebih jauh bagaimana Soal Asesmen Kompetensi Guru.

Simadrasah akan membagiakn 2 file Soal Asesmen Kompetensi Guru yang dapat anda download. Masing – masing file soal terdri dari 50 Soal dan Jawaban. Jadi terdapat 100 Soal yang dapat anda pelajari.

File berupa PDF yang dapat anda cetak atau copas agar memudahkan untuk digunakan. Soal bisa dibuka melalui Android dan Laptop.

Sebagai cotoh berikut cuplikan Soal Asesmen Komptensi Guru.

Contoh Soal 1-5

  1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
    a. kemampuan berkomunikasi.
    b. kemampuan untuk memecahkan masalah.
    c. kemampuan berinteraksi.
    d. kemampuan untuk mengintegrasikan diri.
  2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah…..
    a. inspirasi.
    b. budaya.
    c. inpsirasi.
    d. pegasuhan dan lingkungan.
  3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidahkaidah logika tapi masih terkait dengan obyekobyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia …
    a. 0 – 2 tahun.
    b. 2 — 7 tahun.
    c. 7 — 11/12 tahun.
    d. 11/12/ — 14/15 tahun
  4. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan…
    a. Kognitif.
    b. Sosial.
    c. Emosional.
    d. Moral
  5. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri…
    a. sosial-emosional.
    b. kognitif.
    c. moral.
    d. spiritual

Contoh Soal 6-10

  1. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan …
    a. penalaran pascakonvensional.
    b. penalaran konvensiona.
    c. penalaran prakonvensional.
    d. penalaran interkonvensional
  2. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
    a. mengemukakan gagasan.
    b. mengaktualisasikan diri.
    c. penciptaan hubungan yang baik.
    d. menformulasikan tindakan.
  3. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ….
    a. kesulitan akademis.
    b. gangguan simbolik.
    c. gangguan nonsimbolik
  4. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
    a. Behaviorisme.
    b. Humanistik.
    c. Sibernetik.
    d. Kontruktivisme
  5. ada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
    a. Sibernetik.
    b. Konstruktivisme.
    c. Behaviorisme.
    d. Kognitivisme.

Download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG

Baillah berikut ini link download Contoh Soal Ases Kompetensi Guru AKG :

Contoh Soal AKG 1 ( 1-50)

Contoh Soal AKG 2 ( 1- 125)

Silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan didtas. Apabila link rusak atau error silahkan hubungi melalui kolom komentar.

Semoga soal – soal AKG diatas dapat membantu anda dalam memahami jenis – jenis soal AKG.

Demikianlah informasi tentang Download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG. Terima Kasih.

Related Articles

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button