TipsTutorialUBKDUNUnbk

Cara Mudah Keluar atau Menutup Exambrowser UBKD

Cara Mudah Keluar atau Menutup Exambrowser UBKD– Exambrowser adalah aplikasi yang digunakan untuk pelaksanaan UBKD. Aplikasi Exambrowser merupakan aplikasi yang wajib ada pada komputer client dan komputer server karena keberadaaanya sangat penting untuk kelangsungan UBKD.

Exambrowser berfungsi untuk mejalankan program aplikasi ujian yang dibuat oleh puspendik baik pada kompute server dan client. Exambrowser dirancang dan dibuat secara khusus untuk kelancaran proses ujian yang menggunakan sistem komputer.

Aplikasi Exambrowser ini hanya khusus untuk pelaksanaan UBKD sehingga menu yang ada pada Exambrowser hanya dapat mengakeses sesuai program UBKD. Jadi Exambrowser ini jelas sangat jauh berbeda dengan browser – browser yang biasa digunakan sehari – hari untuk mengakses intenet.

Exambrowser Client UBKD
Tampilan awal aplikasi Exambrowser UBKD

Karena dirancang khusus dengan sistem program UBKD, maka hal tersebut sangat berguna dan bagus karena peserta ujian tidak dapat mengakses menu selain menu UBKD.

Bahkan menu tombol close/keluar/menutup Exambrowser tidak disediakan pada tampilan aplikasi. Sehingga peserta ujian tidak dapat menutupnya agar mereka tetap fokus pada UBKD.

Bagaimana Proktor Jika Ingin Menutup Aplikasi Exambrowser ?

Mungkin bagi anda semuanya yang baru menjadi proktor belum tahu cara menutupnya. Sebenarnya cara menutup ini sudah ada di Buku Panduan Manual UBKD, berhubung belum sempat membacanya akhirnya banyak yang belum mengetahui.

Maka tidak heran jika banyak yang bertanya tentang bagaimana cara menutup Exam Browser terutama yang baru menjadi proktor dan pertama kali melaksanakan ujian dengan sistem UBKD.

Berbagai cara yang umum digunakan untuk menutup sebuah aplikasi seperti menekan ALT + F4 , menekan ESC ternyata tidak bisa digunakan untuk menutup Exambrowser.

Tapi tenang saja emissimpatikazone akan berbagi pengalaman anda kepada anda agar bisa mengetahui bagaimana cara Cara Mudah Keluar atau Menutup Exambrowser UBKD.

Cara Keluar atau Menutup Exambrowser UBKD Dengan Mudah dan Benar

Terdapat 2 jenis Exambrowser yaitu 1. Exambrowser Admin (Server), 2. Exambrowser Client (siswa). Kedua jenis Exambrowser tersebut berbeda – beda cara keluar dan menutupnya. Untuk itu proktor wajib mengetahui semuanya.

Nah pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan membahas satu persatu bagaimana cara menutup atau keluar keduan jenis Exambrowser tersebut, baiklah silahkan perhatikan tutorial berikut :

1. Cara Menutup Exambrowser Client (Siswa)

Pada Exambrowser Client cara menutupnya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard khusus. Jika mencoba menutup denga menekan tombol ALT + F4 tidak akan bisa.

Nah tombol kombinasi khusus untuk menutup/keluar dair Exambrowser Client adalah menekan tombol CTRL + C + B. Setelah menekan tombol tersebut maka akan keluar menutup Exambrowser Client

Tombol Keluar Exambrowser UBKD CTRL + C + B
Cara menutup exambro client

Exambrowser Client hanya bisa ditutup tidak bisa keluar kemudian masuk lagi, sekali tekan maka langsung tertutut.

2. Cara Keluar atau Menutup Exambrowser Adamin (Server)

Untuk Exambro Admin terbaru UBKD 2020 , berbeda cara keluarnya / minimizenya.

Silahkan ikuti tutorial terbaru di linl berikut Cara Minimize Exambrowser Admin UBKD Terbaru

Cara minimize Eaxmbro Admin Terbaru

Untuk Exambrowser Admin bisa dilakukan dengan menutup aplikasi dan keluar aplikasi. Kalau menutup aplikasi berarti sama saja kita melakukan CLOSE jadi tidak bisa masuk ke aplikasi lagi sebelum melakukan start Exambrowser lagi.

Cara menutupnya dengan menekan tombol keyboard ALT + F4 secara bersamaan.

Tombol Keluar Exambrowser UBKD 
 ALT + F4
Cara Menutup Exambrowser Admin

Sedangkan jika keluar tanpa menutup exambroser biasa menggunakan beberapa kombinasi tombol keyboard. Nah jika melakukan keluar maka anda bisa membuka aplikasi lagi tanpa harus melakukan start aplikasi Exambrowser lagi.

Cara keluarnya dengan menekan beberapa komnbinasi tombol keyboard dibawah ini secara bersamaan :

  • ALT + TAB (Berpindah ke aplikasi yang aktif dibuka dan bisa menuju ke Desktop )
Tombol Keluar Exambrowser UBKD 
 ALT + TAB
  • Tombol Windows + TAB (sama dengan diatas)
Tombol Keluar Exambrowser UBKD 
 Tombol Windows + TAB
  • Tombol Windows + D (Langsung keluar menuju Desktop tanpa menutup Exmabrowser )
Tombol Keluar Exambrowser UBKD 
 Tombol Windows + D

Nah dari ketiga kombinasi tombol keyboard diatas yang paling nyaman menggunakan Tombol Windows + D karena akan langsung ke Desktop.

Cara Browsing dengan menggunakan Google Chrome di Komputer Server

Nah cara ini alternatif lainnya jika anda ingin browsing dengan Google Chrome pada saat kondisi server menjalankan aplikasi UBKD yang digunakan adalah Google Chrome.   Disini kita masih bisa menggunakan Chrome untuk melakukan browsing membuka web UBKDuntuk mengisi berita acara dan lainnya.  Nah caranya cukup mudah, pada saat anda membuka Exambrowser Admin makan tekan saja tombol keybord CTRL + Shift + N.

Tombol Keluar Exambrowser UBKD 
 CTRL + Shift + N

Ingat tekan pada keadaan anda membuak Exambro Admin, jikia tidak maka kombinasi tombol tidak akan bekerja. Nah setelah menekan makan anda akan membuka TAB Google Chrome baru yang dapat anda gunakan untuk browsing.  

Jadi anda tidak perlu menggunakan browser lain seperti Mozilla atau Opera, cukup menggunakan Chrome saja agar tidak mebambah beban server.  

Nah begitulah tombol – tombol kombinasi keyboard yang bekerja untuk Cara Mudah Keluar atau Menutup Exambrowser UBKD.  Ternyata sangat mudah dan simpel tidak serumit yang anda bayangkan.  

Baiklah cukup sekian pembahasahan tentangĀ Cara Mudah Keluar atau Menutup Exambrowser UBKD. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa share artikel ini agar anda juga mendapatkan manfaatnya karena telah membagikan informasi positfi. Terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Back to top button