Cara Mengatasi Error Browser Chrome pada Exambro Admin UNBK

Cara Mengatasi Error Browser Chrome pada Exambro Admin UNBK – Mengalami error pada Exambro Admin UNBK adalah hal wajar yang bisa terjadi pada aplikasi dan pada siapapun. Salah satu Error yang terjadi pada Exambro Admin adalah mucul pesan error Browser Chrome pada kiri pojok bawah Exambro Admin.

Jika mengalami error Browser Chrome yang muncul pada notifikasi Exambro Admin maka CBT syn tidak akan bisa tampil. Sebab Exambro Admin ini berfungsi sebagai starter Virtual Machine dan Starter CBT Sync. Sehingga kita tidak bisa melanjutkan login ke CBT sync dan megakses menu – menunya.

Berikut ini screenshot Error Browser Chrome pada Exambro Admin.

Cara mengatasi Error Browser Chrome pada Exambro Admin.png
Cara mengatasi Error Browser Chrome pada Exambro Admin

Error Browser Chrome pada Exambro Admin ini terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor – faktor penyebab Exambro Admin Error Browser Chrome. Nah berikut ini SIMADRASAH rangkum hasil dari analisa dari laporan masalah Error Browser Chrome.

Faktor – Faktor Penyebab Error Browser Chrome Pada Exambro Admin

  1. Path direktori Browser Google Chrome tidak ditemukan / belum di setting.
  2. Versi Browser Google Chrome terlalu lawas.
  3. Tidak ada Browser Google Chrome.
  4. File Exambro Admin tidak lengkap ( Corrupt ).

Itula beberapa faktor penyebab Error Browser Chrome pada Exambro Admin yang SIMADRASAH dapatkan. Dari faktor diatas cara untuk mengatasinya hampir keseluruhan berkenaan dengan Google Chrome. Ya sebab Exambro Admin menggunakan dirketori file Google Chrome sehingga harus terinstal pada komputer server dan di setting ke direktori Google Chrome.

Maka dari itu akan kami bahas cara dan solusi dan mengatasi Error Browser Chrome.

Baca Juga : Cara Minimize Exambrowser Admin UNBK Terbaru

Solusi Cara Mengatasi Error Browser Chrome pada Exambro Admin UNBK

Baiklah kami akan memberikan tutorial cara mengatasi Error Browser Chrome mulai dari faktor pertam hingga keempat. Nah silahkan gunakan cara ini satu persatu apabila tidak tahu penyebabnya. Namun jika terindikasi penyebabnya adalah faktor diatas langusng eksekusi.

1. Path direktori Browser Google Chrome tidak ditemukan / belum di setting.

Saat pertama kali menjalankan Exambro Admin maka akan otomatis mendeteksi path direktori browser Google Chrome. Namun jika exambro admin tidak menemukan path direktori pada komputer anda maka besar kemungkinan error. Maka solusinya adalah kita setting manual dengan mengarahkan ke Path direktori Google Chrome yang berada pada komputer anda.

Cara melakukannya dengan menggunakan menu ” Set Chrome exe path “. Berikut cara lengkapnya :

Cara Set Chrome exe path Exambro Admin

  1. Pastikan Exambro Admin sudah terbuka, jika belum silahkan buka terlebih dahulu.
  2. Kemudian Klik Set chrome exe path.
Cara mengatasi Error Browser Chrome pada Exambro Admin.png
Cara mengatasi Error Browser Chrome pada Exambro Admin
  1. Maka akan muncul jendela baru. Nah silahkan cari file chrome.exe di folder instalan komputer. Biasanya tereletak di C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application atau C:\Program Files \Google\Chrome\Application. Silahkan sesuaikan di komputer anda.
arahkan ke google chrome
Cara mengatasi Error Browser Chrome pada Exambro Admin
  1. Jika sudah ketemu klik chrome.exe kemdian Klik Ok atau open.
  2. Selesai
Pesan error browser chrome hilang
Pesan error browser chrome hilang

Silahkan tutup dulu exambro admin setelah setting path chrome kemduian buka lagi dan tunggu beberapa saat dan Error Browser sudah hilang. Namun apabila sudah melakukan setting path masih error maka bisa jadi Versi Google Chrome yang anda gunakan terlalu lawas. Jika demikian lakukan hal berikut ini.

Baca Juga : Download Exambrow Client UNBK 2020 Terbaru Versi 18.1223

2. Versi Google Chrome Terlalu Lawas

Aplikasi Google Chrome yang direkomendasikan tim UNBK pusat adalah Google Chrome versi 70. Nah apabila Google Chrome yang ada gunakan masih dibawah versi 70 maka silahkan update minnial ke versi 70. Apakah boleh menggunakan diatas versi 70 ? Sangat boleh jika anda mau menggunakan versi 80 yang merupakan versi terbaru dari Google Chrome.

Bagi anda yang belum punya file installer Google chrome bisa unduh dibawah ini :

Google Chrome Versi 70 : Download

Google Chrome Versi 80 : Download

Jika sudah download tinggal instal seprti biasanya tidak perku uninstal versi sebelumnya. Jadi langsung ditumpuk saja nanti otomatis replace.

3. Tidak ada Browser Google Chrome

Kasus ini jarang terjadi namun ada, mungkin bagi proktor baru wajar tetapi proktor lama rasanya tidak mungkin. Apabila pada komputer server tidak ada atau belum terinstal google chroem pasti exambro admin akan muncul pesan error browser chrome.

Jika belum punya atau belum terinstal Google Chrome silahkan donwload file didtas tadi kemudian instal dan laukan tutorial cara nomor 1.

4. File Exambro Admin tidak lengkap (Corrupt)

Setelah mengekstrak Exambro Admin dari file zip maka akan menghasilkan folder baru yang berisi file – file Exambro admin dan beberapa file pendukung. Nah file – file tersebut harus lengkap tidak boleh hilang salah satu atau terblokit oleh antivirus.

Jika terblokir antivirus maka matikan saja aplikasi antivirus yang menggangu. Untuk pengguna windows 10 aplikasi exambro admin secara otomatis terblokir oleh windows defender. Maka solusinya adalah mencegah windows defender agar tidak memblokir Exambro Admin.

Bagi yang belum tahu caranya silahkan baca tutorial pada link berikut : Cara Mengatasi Agar Exambrowser Admin Tidak Terblokir Windows Defender .

Jika sudah mematikan antivirus atau windows defender maka silahkan ulangi atu ekstrak kembali Exambro Admin. Kemudian jalankan dan pasti exambro admin bisa berjalan normal tidak error.

Baca Juga : Download eXamBroAdmin 27.11.19 – Versi Terbaru 2020

Kesimpulan

Dari keempat masalah dan solusi diatas langkah nomor 1 harus dilukan jika mengalami masalah nomor 2 – 4. Jadi pastikan patch direktori chrome harus benar dan tepat. Karena jika tida sesuai dengan direktori path chrome makan akan muncul pesan error lagi.

Mendekati gladi bersih dan UNBK Utama tentunya harus siap segala alat dan perangkat terlaksananya UNBK. untuk itu jangan lupa cek n ricek kondisi komputer server, komputyer client, HUB dan lainya.

Baik demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Error Browser Chrome pada Exambro Admin UNBK. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Silahkan bagikan artikel ini agar proktor yang belum tahu dapat mengetahuinya. Terima kasih kepada anda yang sudah mengunjungi website SIMADRASAH.COM .

Check Also

Aplikasi Buku Kerja Guru 2021

Aplikasi Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Berbasis Excel Gratis

Aplikasi Buku Kerja Guru adalah aplikasi untuk membantu memudahkan Guru dalam membuat Administrasi mengajar Kurikulum 2013 - Download Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.