Download Materi Rakornas BAN-S/M Tahun 2020

Download Materi Rakornas BAN-S/M Tahun 2020 : Sosialisasi Sistem Akreditasi Baru – Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah BAN-S/M. Merupakan lembaga mandiri yang mengevaluasi satuan pendidikan untuk menetapkan kelayakan terhadap satuan pendidikan. Meliputi jenjang pendidikan dasar dan menengah melalui jalur formal yang mengacu kepada SNP ( Standar Nasional Pendidikan).

BAN-S/M dengan BAN-S/M provinsi mengadakan rapat koordinasi nasional (RAKORNAS) untuk melakukan koordinasi dan Integrasi dalam rangka pelaksanaan Akreditasi Sekolah / Madrasah tahun 2020. Rakornas pada tahun ini dilaksanakan dengan sistem daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Hal ini dilakukan sesui dengan aturan pemerintah terkait dengan PSBB akibat Pandemik Corona Virus Disease-2019 (Covid-19).

Adapun RAKORNAS Daring kali ini mengambil tema “Pemantapan Sistem Akreditasi Menuju Pendidikan Bermutu“. Dengan diikuti 159 peserta dari berbagai unsur BAN-S/M Provinsi (Ketua, Sekretaris, UPKK, Tim IT) dan juga mengikutsertakan Tim Ahli/Ad Hoc, Sekretariat, dan PPK serta BPP BAN-S/M.

Ketua BAN-S/M menyampaikan sambutannya pada Rakornas bahwa pelaksanaan Rakornasi tahun 2020 ini untuk dijadikan forum diskusi dan menyamakan persespsi. Selain itu juga sebagai pemahaman, dan langkah strategis terhadap tugas, fungsi dan tanggung jawab pihak-pihak terkait yang terlibat dalam pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Poin Penting Dalam Rakornas BAN-SM Tahun 2020

Dalam pelaksanaan Rakornas tahun terdapat hal penting yang masuk kedalam pembahasan Akreditasi. Hal penting tersebut ialah mengenai paradigma baru dan sistem juga mekanis pelaksanaan Akreditasi Sekolah dan Madrasah.

BAN- S/M akan mengembangkan mengembangkan Sistem Monitoring yang dapat melakukan deteksi  terhadap perkembangan/perubahan kondisi sekolah selama beberapa tahun terakhir dengan mengambil data dan informasi yang bersumber dari Dapodik, EMIS, Rapor Mutu, Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah, hasil penilaian kinerja mutu dari direktorat teknis maupun pelaporan masyarakat. ( Sumber : https://bansm.kemdikbud.go.id/).

Kemudian kedepannya pelaksanaan Re-Akreditasi bisa tersistem secara otomatis tidak harus dilakukan 5 tahun sekali namun bisa dilakukan setelah 2 tahun.

Download Materi Rakornas BAN-S/M 2020

Rakornas daring yang dilaksanakan selama 3 hari barturut – turut dari tanggal 14 – 16 Mei 2020 dengan dihadiri narasumber Kepala Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud RI dan Sekretaris Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud RI. Adapun materi yang dipaparkan adalah sebagai berikut :

  1. Kebijakan Sistem Akreditasi Tahun 2020.
  2. Kebijakan Anggaran Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun Anggaran 2020.
  3. Sosialisasi Sistem Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020.
  4. Evaluasi Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2019,
  5. Perkembangan Penyusunan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020.
  6. Kebijakan Peningkatan Kompetensi Asesor Sekolah/Madrasah.
  7. Mekanisme Pelaksanaan Visitasi 5.000 Sekolah/Madrasah Sasaran Ujicoba IASP 2020.

Bagi anda yang membutuhkan materi – materi rakornas untuk keperluan mendalami sistem akreditasi baru pada tahun 2020. Silahkan unduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini :

Kebijakan Sistem Akreditasi Tahun 2020 (Unduh)
Kebijakan Anggaran Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun Anggaran 2020 (Unduh)
Sosialisasi Sistem Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020 (Unduh)
Evaluasi Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2019 (Unduh)
Perkembangan Penyusunan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 (Unduh)
Kebijakan Peningkatan Kompetensi Asesor Sekolah/Madrasah (Unduh)
Mekanisme Pelaksanaan Visitasi 5.000 Sekolah/Madrasah Sasaran Ujicoba IASP 2020 (Unduh)

*Mohon maaf masih materi sudah tidak tersedia lagi

Sahabat simadrasah silahkan unduh materi yang anda inginkan. Apabila link error, mati atau rusak silahkan hubungi kami melalui kolom komentar dibawah.

Dengan dilaksanakannya RAKORNAS Akreditasi Sekolah Madrasah oleh BAN-S/M diharapakan program kerja BAN-S/M dan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/madrasah (BAN-S/M) Provinsi dapat dilaksanakan dengan benar, profesional, jujur, efisien, dan efektif, serta akuntabel. Sehingga menjadikan lembaga satuan pendidikan di Indonesia menujuk tingkat kelayakan yang maksimal untuk mnecetak generasi penerus bangsa dengan pendidikan yang berkualitas.

Demikianlah informasi tentang Materi Rakornasi Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah Tahun 2020. Semoga informasi ini dapat menjadikan lembaga pendidikan yang semakin berkualitas. Terima Kasih.

(Beberapa teks dikuti dari https://bansm.kemdikbud.go.id/)

Check Also

5 File Logo HUT RI 76

Download 5 File Logo HUT RI 76 Tahun 2021, PNG AI CDR PDF JPEG

5 File Logo HUT RI 76

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.