Download Poster Hari Kartini Terbaru 2021, Keren !

Simadrasah.com, Download Poster Hari Kartini Terbaru 2021, Keren ! – Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April. Peringatan Hari kartini selalu dilaksanakan meriah pada sekolah, lembaga dan perkantoran yang hampir keseluruhan melaksanakannya. Namun itu terjadi sebelum adanya Pandemi Covid-19. Umumnya sekolah – sekolah memperingati Hari Kartini dengan memakai baju kebaya khas dari asal RA Kartini yaitu dari Jawa Tengah yang disertai dengan lomba fashion Show.

Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai pahlawan dari Kota Jepara yang mengusung Emansipasi Wanita. Pada masa itu wanita dianggap sebagai manusia yang lemah dan tidak berhak atas pendidikan tinggi. Namun berkat pernjuangan RA Kartini hingga saat ini wanita mempunya derajat yang sama dengan laki – laki. Maka dari itu Ra Kartini dujuliuki pahlawan emansipasi wanita dengan judul bukunya “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini SIMADRASAH akan membagikan kumpulan Poster hari Katini terbaru 2021 yang keren. Poster – poster ini bisa anda jadikan sebagai cara untuk memperingati Hari kartini di masa Pandemi dengan menyebarkan ke sosial media.

Sejarah Awal Mulanya Hari kartini

Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April adalah hari peringatan nasional Indonesia untuk mengenang perjuangan Raden Ajeng Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita. Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Tanggal lahirnya inilah yang kemudian dipilih sebagai hari peringatan Kartini. Ia berasal dari kalangan kelas bangsawan. Ayahnya adalah Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, Bupati Jepara pada masa itu dan ibu Kartini bernama M.A. Ngasirah.

Pada usia 12 tahun, kartini bersekolah di  Europeesche Lagere School (ELS). Dari sekolah inilah ia belajar bahasa Belanda. Sayangnya, masa belajar Kartini di sekolah tersebut tidak berlangsung lama. Ia terburu dijodohkan dengan Bupati Rembang bernama K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang pernah memiliki tiga istri. 

Baca juga : Kumpulan Twibbon / Bingkai Foto Profil Spesial Hari Kartini terbaru

Selama menjalani pingitan, Kartini menggunakan waktunya untuk belajar, membaca, dan menulis surat-surat kepada teman-temannya yang berasal dari Belanda. Surat-surat tersebut  berisi pemikirannya tentang kondisi sosial terutama kehidupan perempuan pribumi Indonesia. Menurut Kartini, budaya Jawa dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan karena mereka dilarang belajar dan menuntut ilmu. Kaum perempuan selalu diminta untuk mengurusi rumah, dapur, melayani suami, dan mengurus anak saja. 

Berkat dukungan suami dan kegigihan Raden Ajeng Kartini, ia berhasil mendirikan sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini (Sekolah Kartini) di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan daerah lainnya. Sekolahnya mampu memberikan pendidikan kepada perempuan-perempuan pribumi sehingga mereka memiliki wawasan yang luas. Mereka juga mulai berani menyampaikan pendapat di depan umum. 

Sayangnya perjuangan Raden Ajeng Kartini harus terhenti karena beliau meninggal setelah empat hari melahirkan anak pertamanya. Ia meninggal di Rembang pada 17 September 1904 pada umur yang masih sangat muda, yaitu 25 tahun. 

Setelah itu, sahabat yang dulu sering dikirimi surat oleh Kartini bernama Rosa Abendanon mengumpulkan surat-surat kartini dan menerbitkannya dalam sebuah buku yang berjudul Door Duisternis tot Licht yang berarti Dari Kegelapan Menuju Cahaya dan diterbitkan pada 1911. Buku inilah yang mampu membuka mata banyak orang mengenai emansipasi wanita hingga akhirnya 

Raden Ajeng Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Kemudian, Beliau dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi sampai saat ini.  ( sumber : Mamikos.com )

Baca juga : Download 10 Puisi tema Hari Kartini Terbaru

Tampilan dan Link Download Poster Hari Kartini 2021

Memang sangat disayangka, pada tahun ini kita tidak bisa merayakan Hari kartini seperti biasanya yang begitu meriah. Siswa – siwa yang biasanya ikut merayakan kini juga tidak bisa, karena masih belajar dari rumah begitupun juga dengan karyawan kantor yang bekerja dari rumah. Kita sangat dilarang melakukan kegiatan yang menciptakan kerumunan yang bisa menimbulkan penularan Covid-19.

Tetapi hal itu tidak serta merta membuat kita tidak bisa melakukan perayaan Hari Kartini. Kita bisa memperingatinya dengan cara memasang poster Hari kartini terbaru 2021 yang keren – keren. Karen kumpulan poster Hari kartini akan kami bagikan langsung melalui website ini.

Baiklah berikut ini tampilan dan link download Poster Hari kartini tahun 2021 terbaru, keren !.

Poster Hari Kartini Terbaru 1

Poster Hari Kartini Terbaru 1
source : freepik.com

Poster 2

Poster Hari Kartini Terbaru 2
source: freepik.com

Psoter Hari Kartini Terbaru 3

Poster Hari Kartini Terbaru 3
Source/; freepik.com

Poster 4

Poster Hari Kartini Terbaru 4
Source: freepik.com

Poster 5

Source: freepik.com

Poster Hari Kartini Terbaru 6

Source: freepik.com

Poster 7

source: walisongo.co.id

Poster 8

Source: walisongo.co.id

Poster 9

source: walisongo.co.id

Poster Hari Kartini Terbaru 10

source: walisongo.co.id

Nah itulah poster – poster yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk merayakan dan memperingati Hari kartini pada tanggal 21 April 2021 nanti. Yuk silahkan download saja pada tombol yang sudah kami sediakan. Tapi jangan lupa untuk SHARE artikel ini sebanyak – banyaknya ke sosial media ya.

Demikian informasi tentang Download Poster Hari Kartini Terbaru 2021, Keren !. Semoga informasi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya. terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button