Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 8 SMP/MTs – Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) mata pelajaran Informatika sudah resmi diterbitkan. Hal ini didasar pada Permendikbud No. 35 dan No. 37 tahun 2019 tentang adanya mapel Informatika yang di implementasikan pada tahun pelajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA.
Pengimplementasian mata pelajaran Informatika ditandai dengan adanya surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nonor B.20576/Dj.I/Dt.I.I/PP.00/07/2019 tanggal 10 Juli 2019, tentang Implementasi Mapel Informatika Pada MTs dan MA bagi lembaga Madrasah dan Surat dari Direktorat Jenderal Sekolah Dasar dan Menengah nomor 2001/D3/KP/2019 tentang tindak lanjut Implementasi Mapel Informatikan pada SMP dan SMA.
Maka dari itu rilislah secara resmi Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetenis Dasar ( KD ) untuk Mata Pelajaran INFORMATIKA pada jenjang SMP/MTs dan SMA/MA. Berbicara menegani KI dan KD pastinya bapak – ibu ada yang membutuhkan file KI dan KD mapel Informatika untuk proses pembelajaran. Maka dari itu emissimpatikazone akan membagikanya kepada anda, baik berupa tertulis atau file downloadnya.
Baca Juga :
- Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs
- Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 7 SMP/MTs
1. KI dan KD Mapel Informatika Kelas 8 SMP/MTs
Pada kesempatan kali ini simadrasah akan membagikan daftar KI dan KD mapel Informatika khusus untuk kelas 8 SMP/MTs. Selain itu juga kami membagikan file KI dan KD mapel Informatika dalam bentuk file PDF. Adapun daftar KI dan KD mapel Informatika adalah sebagai berikut :
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
Kompetensi Dasar
|
Kompetensi Dasar
|
Jaringan Komputer/Internet
|
|
3.1.1 Mengenal Internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi komunikasi).
3.1.2 Mengenal konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband). 3.1.3 Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi akses terhadap yang tak berhak. |
4.1 Melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet. |
Algoritma dan Pemrograman
|
|
3.2 Memahami bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi.
|
4.2.1 Membuat robot yang mampu menggambar atau menulis dengan program sederhana.
4.2.2 Mendefinisikan variabel, menyimpan data dan mengubahnya.
4.2.3 Memakai instruksi kondisional
|
Dampak Sosial Informatika
|
|
3.3.1 Mengenal lebih dalam perkembangan komputer dan teknologi yang mengubah kehidupan sehari-hari.
3.3.2 Mengenal media sosial dan dampaknya.
|
4.3 Memakai media sosial dengan baik dan berguna, dengan memperhatikan privasi dan hak orang lain.
|
Berpikir Komputasional (Tematis)
|
|
3.4 Computational Thinking untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya
|
4.4 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.
|
Praktik Lintas Bidang (Tematis)
|
|
3.5 (*)
|
4.5.1 Menumbuhkan budaya informatika dan TIK lewat berpikir komputasional (Fostering computing culture).
4.5.2 Kolaborasi lewat tematik.
4.5.3 Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problemaproblema yang dapat diselesaikan dengan model komputasi.
4.5.4 Developing and using abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi
4.5.5 Creating computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer.
4.5.6 Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan
|
artefak/produk TIK atau model komputasi.
4.5.7 Communicating about computing Mengkomunikasikan tentang informatika lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan TIK.
|
Baca Juga :
- Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs
- Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 7 SMP/MTs