Cara Mutasi Keluar Siswa di Emis Madrasah

Cara Mutasi Keluar Siswa di Emis Madrasah – Mutasi Siswa adalah proses pindahnya siswa dalam lingkup organisasi atau level yang sama. Dalam dunia pendidikan pasti tak luput dari yang namanya Mutasi. Pasti setiap tahunnya teradapat siswa yang berpindah dari sekolah ke sekolah lainnya dengan berbagai alasan.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap data – data kesisswaan. Terutama dalam pendidikan Madrasah yaitu pada sistem pendataan emis. Setiap kali ada mutasi siswa baik itu mutasi keluar maupun mutasi masuk maka dalam pendataan emis juga harus kita update. Apalagi baru – baru ini sedang ramai – ramainya pendataan Peserta Ujian Nasiona yaitu Capesun.

Baca Juga :

Sedikit penjelasan mengenai mutasi siswa. Untuk mutasi masuk terdapat dua menu yang disediakan oleh aplikasi emis yaitu mutasi masuk madrasah dan mutasi masuk umum.

A : Lalu apakah keduanya itu berbeda ? 
Q : Jawabannya Iya jelas berbeda.

Mutasi masuk madrasah adalah mutasi siswa yang masuk ke suatu lembaga madrasah yang sebelumnya siswa tersebut berasal dari suatu lembaga madrasah pula. Jika hendak menambahkan siswa kedalam emis madrasah maka harus dengan syarat siswa tersebut sudah dimutasi keluar oleh madrasah sebelumnya. Jika belum dimutasi keluar maka ketika akan menambahkan siswa tersebut pasti muncul siswa sudah terdaftar.

Sedangkan Mutasi masuk umum adalah siswa yang masuk ke lembaga madrasah yang sebelumnya siswa tersebut tidak berasal dari madrasah bisa dikatakan dari lembaga pendidikan Umum seperti SD, SMP. SMA dst.

Kalau untuk Mutasi keluar sudah pasti tidak ada pilihan akan pindah ke madrasah atau umum. jika ada siswa yang sudah pindah atau out kita langsung saja bisa memutasi keluar tanpa harus menentukan pindah ke madrasah atau umum.

Sesuai dengan judul artikel ini yaitu Cara mutasi keluar di Emis Madrasah makan akan kami bahas bagaimana cara dan langkah – langkah proses memutasi siswa yang keluar. Baiklah  langsung sajaj perhatikan langkah – langkah cara memutasi siswa keluar.

Cara Mutasi Siswa Keluar di Emis Madrasah

Budayakan untuk membaca secara urut. Agar tidak ada poin yang terlewatkan.
1. Silahkan Login ke akun emis masing – masing.
2. Jika sudah berhasil login anda berada di menu Dashboard
3. Klik pada menu Kesiswaan kemudian pilih dan Klik Menu Siswa Aktif
 
Cara Mutasi Siswa Keluar di Emis Madrasah
 
4. Cari siswa yang akan dimutasi dengan menggunakan kotak pencarian ( Search Box ) masukan nama kemudian klik ikon kaca pembesar. Tunggu hingga hasil pencarian muncul.
Cara Mutasi Siswa Keluar di Emis Madrasah
5. Setelah muncul, Ceklis pada nama tersebut kemudian klik ikon warna merah di kolom aksi.
Cara Mutasi Siswa Keluar di Emis Madrasah
6. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
Cara Mutasi Siswa Keluar di Emis Madrasah
Isikan data sesuai kolom yang disediakan
  • Tanggal Keluar Madrasah : Tanggal ketika siswa pindah/ Drop Out
  • Status siswa Keluar : Klik dan plilih alasan siswa tersebut dimutasi.
  • Jenis Sekolah Tujuan : Klik dan Pilih Sekolah siswa yang dimutasi. Jika dikeluarkan pilih strip.
7. Selah terisi semua. Klik Mutasi
 
Cara Mutasi Siswa Keluar di Emis Madrasah
 
8. Tunggu hingga sukses kemudian klik OK seperti ini.
Cara Mutasi Siswa Keluar di Emis Madrasah
9. Selesai. Silahkan lakukan mutasi keluar terhadap siswa yang pindah atau dikeluarkan.
Itulah langkah – langkah Cara Mutasi Siswa Keluar di Emis Madrasah. Semoga dapat membantu anda dalam mengerjakan emis madrasah. Tutorial ini jauh dari kata sempurna kami hanya berbagi pengalaman saja.

Baca Juga :

Demikian artikel tentang cara mutasi siswa keluar di emis madrasah. Semoga pengalaman yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi semunya. Apabila terdapat salah kata kami mohon maaf. Terima Kasih
  • Bagi yang hendak mengutip, mengambil artikel, Copy Paste artikel harap sertakan link sumber SIMADRASAH atau link lengkap yang berada pada alamat website

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *