Tutorial : Cara Mudah Instal Aplikasi Feeder Emis (AFE)

Cara Mudah Install Aplikasi Feeder Emis (AFE) – Pada pendataan Emis semester genap ini pengerjaan data EMIS dapat dilakukan dengan Aplikasi Feeder Emis (AFE). Hal ini sebagaimana surat edaran pendataan EMIS Semester Genap yang sudah resmi beberapa hari yang lalu.

Bersama itu juga resmi rilis aplikasi pembantu emis Online yang bernama Aplikasi Feeder Emis (AFE). Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan update data EMIS secara Offline tidak perlu koneksi internet secara kontinyu. Membutuhkan koneksi internet hanya pada awal dan saat singkronisasi data saja.

Sehingga dengan aplikasi feeder emis operator dapat dengan mudah mengerjakan data EMIS. Serta sudah tidak terkendala dengan sibuknya server EMIS Online seperti yang sudah – sudah.

Karena aplikasi ini tergolong baru dan belum adanya sosialisasi secara tatap muka langsung. Pasti sebagian operator emis masih bertanya – tanya, bagaiamana cara installnya, bagaimana cara penggunaanya. Meskipun sudah ada prosedur penggunaan Aplikasi Feeder Emis namun belum tentu semua operator memahaminya. Sehingga butuh penjelasan lebih terkait Aplikasi Feeder Emis.

Maka dari itu SIMADRASAH berusaha menjawab satu persatu pertanyaan dari teman – teman operator. Mulai dari cara instal Aplikasi Feeder Emis.

Cara Instal Aplikasi Feeder Emis (AFE)

Baiklah pada kesempatan yang baik ini SIMADRASAH akan berbagi pengalaman dan sekaligus menjawab pertanyaa tadi. Yaitu Cara instal Aplikasi Feeder EMIS. Seperti apa caranya ? silahkan baca tutorial berikut ini.

  1. Pastikan anda sudah mendownload File Aplikasi Emis Feeder (AFE). DISINI .
  2. Setelah sukses terdownload, buka folder tempat menyimpan hasil downloadtan.
  3. Aplkasi Feeder Emis masih didalam ZIP maka sebelumnya harus di ekstrak terlebih dahulu.
  4. Untuk mengestraknta Klik Kanan – Klik Ekstrak FIle – Klik OK, maka secara otomatis akan terekstrak dan menghasilkan folder baru.
Ekstrak file Aplikasi Feeder Emis
Ekstrak file Aplikasi Feeder Emis
  1. Buka folder hasil esktarakan, maka akan ada 2 file yaitu folder mysql dan file EMIS. Nah file EMIS tersebut merupakan aplikasi Feeder Emis.
  2. Klik 2 kali atau klik kanan – open untuk menjalankan Aplikasi Feeder Emis.
Aplikasi Feeder Emis AFE icon
Aplikasi Feeder Emis AFE icon
  1. Maka proses loading aplikasi berjalan dan tunggu hingga selesai.
  2. Apabila muncul peringatan seperti ini, maka silahkan Klik Allow.
Notifikasi jika baru pertama menjalankan AFE
Notifikasi jika baru pertama menjalankan AFE
  1. Kemudian tunggu hingga muncul tampilan login Aplikasi Feeder EMIS.
  2. Sukses.
Tamplan Logi Awal Aplikasi Feeder Emis

Sampai disini proses intalasi sudah selesai, caranya cukup mudah hanya tinggal ekstrak saja file AFE yang ada didalam winrar. Namun apabila anda mengalami kendala hanya muncul status waiting/ Please Wait, silahkan ikutoi cara berikut ini.

Kendala Saat Pertama Kali Membuka Aplikasi Feeder Emis

Terdapat sedikti kendala yang kami alami ketika pertama kali membuka aplikasi Feeder emsi. Kendalanya adalah proses loading hanya berhenti pada pesan Waiting / Please Wait (Menunggu). Kami coba untuk biarkan beberapa menit mungkin butuh penyesuaian ternyata masih waiting.

Jika mengalami demikian, lakukan seperti ini :

  • Tutup / Close aplikasi feeder emis.
  • Kemudian buka lagi aplikasi feeder emis dengan cara Klik Kanan – Run as Administrator.
Mengatasi Aplikasi Feeder Emis Waiting terus
Mengatasi Aplikasi Feeder Emis Waiting terus
  • Maka Aplikasi akan tampil ke halaman login denga status waiting standar.

Baiklah bapak ibu proktor semoga membantu anda jika pertama kali membuka Aplikasi Feeder Emis. Untuk tutorial – tutorial lainnya akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Demikianlah informasi tentang Tutorial Cara Mudah Instal Aplikasi Feeder Emis (AFE). Semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkan. Jangan lupa bagikan artikel ini agar tambah bermanfaat. Terima Kasih kepada anda semua yang telah mengunjungi SIMADRASAH.COM.

Check Also

Juknis Penulisan Ijazah Tahun 20202021 Kemenag Revisi (1)

Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2020/2021 Kemenag ( Revisi )

Juknis Penulisan Ijazah Kemenag Edisi Revisi untuk RA, MI, MTs dan MA / MAK tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.