Tajwid Surat Al-Isra Ayat 23-24

Assalamualaikum Wr. Wb. Sobat Simadrasah.com – Sebagai seorang Muslim, membaca Al-Quran dengan benar dan sesuai dengan tajwid merupakan suatu kewajiban. Tajwid adalah ilmu yang mempelajari cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Salah satu surat dalam Al-Quran yang perlu dipelajari tajwidnya adalah Surat Al-Isra ayat 23-24. Surat ini mengandung pesan penting tentang berbakti kepada orang tua dan menghormati mereka. Dengan memahami tajwid surat ini, kita dapat membacanya dengan benar dan menghayati maknanya dengan lebih baik.

Surat Al-Isra merupakan surat ke-17 dalam Al-Quran yang terdiri dari 111 ayat. Surat ini diturunkan di Makkah dan membahas berbagai topik penting seperti keesaan Allah, kenabian, dan akhlak mulia. Ayat 23-24 dari surat ini secara khusus membahas tentang kewajiban untuk berbakti kepada orang tua dan menghormati mereka dengan sebaik-baiknya.

Pengertian Tajwid

Tajwid secara bahasa berarti “memperbaiki” atau “membaguskan”. Dalam konteks membaca Al-Quran, tajwid adalah ilmu yang mempelajari cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan oleh para ulama. Tujuan utama mempelajari tajwid adalah untuk memastikan bahwa kita membaca Al-Quran dengan benar dan menghindari kesalahan dalam pengucapan huruf, panjang pendek, dan hukum-hukum bacaan lainnya.

Mempelajari tajwid sangat penting karena kesalahan dalam membaca Al-Quran dapat mengubah makna dan arti dari ayat-ayat yang dibaca. Oleh karena itu, setiap Muslim diwajibkan untuk mempelajari tajwid agar dapat membaca Al-Quran dengan benar dan menghayati maknanya dengan baik.

Bacaan Surat Al-Isra Ayat 23-24

Berikut adalah teks ayat 23-24 dari Surat Al-Isra dalam bahasa Arab:

قَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَـٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS. Al-Isra: 23-24)

Tajwid Surat Al-Isra Ayat 23-24

Dalam membaca ayat 23-24 dari Surat Al-Isra, terdapat beberapa hukum tajwid yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Hukum Bacaan Tajwid pada Ayat 23

– Idgham Mutamatsilain pada kata “قَضَىٰ رَبُّكَ” (qadha rabbuka), di mana huruf “dha” bertemu dengan huruf “ra” yang sama makhrajnya, sehingga harus diidghamkan (dilebur).

– Ghunnah pada huruf “nun” di akhir kata “إِحْسَـٰنًا” (ihsanan) karena bertemu dengan huruf “alif” pada kata selanjutnya.

– Idgham Mutajanisain pada kata “يَبْلُغَنَّ” (yablughanna), di mana huruf “nun” bertemu dengan huruf “nun” yang sama makhrajnya, sehingga harus diidghamkan.

2. Hukum Bacaan Tajwid pada Ayat 24

– Qalqalah pada huruf “qaf” di akhir kata “أُفٍّ” (uffin) karena bertemu dengan huruf “lam” pada kata selanjutnya.

– Idgham Mutamatsilain pada kata “وَلَا تَنْهَرْهُمَا” (wala tanharhumaa), di mana huruf “ha” bertemu dengan huruf “ha” yang sama makhrajnya, sehingga harus diidghamkan.

– Mad Jaiz Munfashil pada kata “قَوْلًا كَرِيمًا” (qaulan kariiman), di mana terdapat huruf mad (alif) setelah harakat fathah yang bertemu dengan huruf sukun (mim).

Tips Membaca Tajwid dengan Benar

Untuk dapat membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Pelajari Dasar-Dasar Tajwid

Sebelum mempraktikkan tajwid, kamu perlu memahami dasar-dasar ilmu tajwid terlebih dahulu. Pelajari hukum-hukum bacaan seperti makharijul huruf, sifat-sifat huruf, ghunnah, idgham, dan lain-lain. Pahami juga tanda-tanda baca dalam mushaf Al-Quran seperti tanda panjang, tanda berhenti, dan lainnya.

2. Praktikkan Secara Rutin

Setelah memahami dasar-dasar tajwid, praktikkan secara rutin dengan membaca Al-Quran setiap hari. Mulailah dengan ayat-ayat pendek atau surat-surat pendek terlebih dahulu, kemudian tingkatkan secara bertahap. Fokuskan pada pengucapan huruf, panjang pendek, dan hukum-hukum bacaan lainnya.

3. Dengarkan Bacaan dari Qari Profesional

Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki bacaan tajwid adalah dengan mendengarkan bacaan dari qari (pembaca Al-Quran) profesional. Kamu dapat memanfaatkan rekaman audio atau video dari qari terkenal untuk mendengarkan cara membaca yang benar dan memperbaiki kesalahan dalam bacaan.

4. Ikuti Kelas atau Bimbingan Tajwid

Jika memungkinkan, ikutilah kelas atau bimbingan tajwid dari seorang guru atau ustadz yang ahli dalam bidang ini. Dengan bimbingan langsung, kamu dapat memperbaiki kesalahan dalam bacaan dan mendapatkan umpan balik yang berharga untuk meningkatkan kemampuan tajwid kamu.

Tabel Informasi Lengkap Tajwid Surat Al-Isra Ayat 23-24

AspekKeterangan
SuratAl-Isra
Ayat23-24
Teks Ayatقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَـٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ

عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Terjemahan“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”
Hukum Tajwid Ayat 23
  • Idgham Mutamatsilain pada “قَضَىٰ رَبُّكَ”
  • Ghunnah pada “إِحْسَـٰنًا”
  • Idgham Mutajanisain pada “يَبْلُغَنَّ”
Hukum Tajwid Ayat 24
  • Qalqalah pada “أُفٍّ”
  • Idgham Mutamatsilain pada “وَلَا تَنْهَرْهُمَا”
  • Mad Jaiz Munfashil pada “قَوْلًا كَرِيمًا”

 

Hukum Tajwid Surat An Nisa Ayat 136

Kesimpulan

Membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar adalah suatu kewajiban bagi setiap Muslim. Surat Al-Isra ayat 23-24 mengandung pesan penting tentang berbakti kepada orang tua dan menghormati mereka. Dengan memahami hukum-hukum tajwid pada ayat ini, kita dapat membacanya dengan benar dan menghayati maknanya dengan lebih baik.

Untuk dapat membaca dengan tajwid yang benar, kita perlu mempelajari dasar-dasar ilmu tajwid, mempraktikkannya secara rutin, mendengarkan bacaan dari qari profesional, dan jika memungkinkan, mengikuti kelas atau bimbingan tajwid dari seorang guru atau ustadz yang ahli dalam bidang ini.

Demikianlah panduan lengkap tentang tajwid Surat Al-Isra ayat 23-24. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan membantu kamu dalam mempelajari dan mempraktikkan tajwid dengan benar. Semoga kita semua selalu diberikan petunjuk dan hidayah oleh Allah SWT dalam membaca dan memahami Al-Quran dengan sebaik-baiknya. Aamiin.

Leave a Comment