Download POS Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020 Terbaru

Download POS Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020 Terbaru. Akreditasi merupakan suatu kegiatan penilaian terhadap sistem pendidikan pada lembaga sekolah atau Madrasah. Pelaksanaan akreditasi ini dilakukan lima tahun sekali dan pelaksanaannya mengacu pada POS Akreditasi Sekolah atau Madrasah. Hingga saat ini telah rilis POS Akreditasi Sekolah / Madrasah untuk tahun 2020.

POS Akreditasi sekolah / madrasah merupakan singkatan dari Prosedur Operasional Standar Akreditasi yang digunakan sebagai acuan atau dasar dalam pelaksanaan Akreditasi. Baik itu pada lembaga pendidikan Sekolah atau Madrasah. POS Akreditasi Sekolah . Madrasah ini resmi dikeularkan oleh BAN-S/M ( Badan Akreditasi Nasional – Sekolah / Madrasah).

BAN-S/M telah resmi merilis POS Akreditasi Sekolah atau Madrasah yang tertulis dalam SK BAN-S/M Nomor 246/BAN-SM/SK/2020 Tentang Penggunaan Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020. SK tersebut resmi ditetapkan pada tanggal 5 Mei 2020.

Sebagai yang sudah kami jelaskan tadi bahwa POS Akreditasi tersebut akan resmi digunakan sebagai pedoman pelaksanaan Akreditasi Tahun 2020. Sehingga untuk sekolah dan Madrasah yang ditetapkan sebagai peserta akreditasi tahun 2020 dapat mempedomani POS tersebut.

Dengan adanya POS Akreditasi diharapkan pelaksanaan akreditasi dapat terlaksana secara runtut dan terarah. Selain itu juga pelaksanaan akreditasi semakin berkualitas dari awal hingga pelaksanaan akreditasi. Sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

8 Alur Proses Akreditasi dalam POS Akreditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020

Sebagaimana yang tertuang dalam SK BAN-S/M Nomor 246/BAN-SM/SK/2020. POS Akreditasi terbaru ini memiliki 8 alur akreditasi yang nantinya dilalui oleh lembaga yang melaksanakan Akreditasi. Apa saja 8 alur proses tersebut ? Berikut 8 alur proses akreditasi sesuai dengan SK yang ditetapkan oleh BAN-S/M :

1. Sosialisasi Instrumen Akreditasi Satuan pendidikan (IASP) dan Pelaksanaan Akreditasi

Berbeda dengan tahun sebelumnya bahwa pelaksanaan akreditasi untuk tahun 2020 ini terdapat hal baru yaitu Instrumen Akreditasi Satuan pendidikan yang disingkat IASP 2020. Bersamaan dengan hal tersebut Badan Akrfeditasi Nasional Sekolah Madrasah ( BAN-S/M) telah menetapkan sebanyak 5000 sekolah dan madrasah sebagai bagian terdepan dalam implementasi IASP 2020.

Sebagaimana tahun lalu bahwa tahap awal pelaksanaan akreditasi adalah pengisiai aplikasi DIA yang digunakan untuk pengumpulan informasi sekolah / madrasah. Kemudian peigisisa sispena ( Sistem Penilaiaan Akreditasi ). Kedua aplikasi tersebut telah saling terkoneksi dengan DAPODIK milik Kemendikbud dan EMIS miliki Kemenag.

2. Asesmen Kecukupan Sasaran Visitasi dan Penugasan Asesor.

Pada tahun 2020 sekolah dan madrasah yang menjadi sasaran Akreditasi harus memenuhi syarat yaitu Indicator Compliance Mutlak dan indikator Compliance Relatif. Adapun Indicator Compliance Mutlak terdiri dari 5 poin yang keseluruhannya harus dipenuhi sebagai berikut :

  1. Sekolah/madrasah telah memiliki izin operasional yang dibuktikan dengan telah mengupload dalam Dapodik.
  2. Kepala sekolah/madrasah memiliki surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah.
  3. Sekolah/madrasah pernah meluluskan siswa.
  4. Sekolah/madrasah menyelenggarakan alokasi waktu proses pembelajaran sesuai kurikulum nasional.
  5. Sekolah/madrasah menyelenggarakan seluruh mata pelajaran yang diwajibkan sesuai kurikulum nasional di seluruh kelas.

3. Visitasi ke Sekolah/Madrasah.

Kegiatan visitasi merupakan kegiatan penilaian secara langsung oleh ASESOR yang ditugaskan BAN – S/M. Dalam visitasi dilakukan proses verifikasi dan validasi data akreditasi yang di isi melalui sispena.

4. Validasi Proses dan Hasil Visitasi.

Validasi Proses dan Hasil Visitasi dikoordinasikan oleh BAN-S/M Provinsi dengan melibatkan perwakilan KPA-S/M per-kabupaten/Kota dan asesor.

5. Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi.

6. Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi.

7. Pengumuman Hasil Akreditasi.

Hasil akreditasi akan dumumkan oleh BAN-S/M melalui situs website BAN-S/M. Selain melalui website juga akan diadakan sosialisasi hasil akreditasi.

Sekolah / Madrasah diberi waktu selama 14 hari setelah pengumuman untuk melalukan pengaduan jika terjadi suatu hal. Dengan membuka akses pengaduan/keberatan dari masyarakat terkait hasil akreditasi sebuah sekolah/madrasah.

8. Penerbitan Sertifikat Akreditasi dan Rekomendasi.

Apabila tidak ada pengaduan atau keberatan dari masyarakat, BAN-S/M akan menerbitkan sertifikat akreditasi elektronik dalam Sispena-S/M. Sekolah atau madarsah bisa mencetak sertifikat akreditasi elektronik. Selaim itu juga dapat mencetak rekomendasi melalui Sispena-S/M.

Download POS Akrditasi Sekolah / Madrasah Tahun 2020

Bagi sahabat simadrasah untuk lebih lengkapnya mengenai poin – poin penting POS Akreditasi Sekolah / Madrasah. Silahkan download file POS Akreditasi Sekolah / Madrasah pada link berikut ini :

Atau bisa melalui link resmi dari BAN-S/M :

Anda bisa mendownload filenya pada tombol diatas. Apabila link mengalami rusak, error atau lainnya silahkan informasikan ke kami melalui kolom komentar. Agar link yang rusak dapat segera kami perbaiki.

Kepada Sekolah / Madrasah yang menjadi sasaran Akreditasi tahun 2020 untuk bisa mempersiapkan lebih awal. Terutama terkait dengan Data di Dapodik atau Emis serta kelengkapan aplikasi SIDIA dan SISPENA-S/M.

Baiklah sahabat simadrasah itulah informasi mengenai Akreditasi pada tahun 2020. Jangan lupa untuk terus mendukung website simadrasah dengan cara mengunjungi dan membagikan artikel yang ada pada Simadrasah.

Demikianlah informasi tentanf Download POS Alreditasi Selolah / Madrasah tahun 2020 terbaru. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih semoga kebaikan anda dibalas dengan kebaikan yang lebih inda. amin…

Check Also

5 File Logo HUT RI 76

Download 5 File Logo HUT RI 76 Tahun 2021, PNG AI CDR PDF JPEG

5 File Logo HUT RI 76

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.