EmisVervalVervalPD

Cara Mengatasi Data Siswa Tidak Masuk ke VervalPD

Dalam pendataan siswa / peserta didik di VervalPD tedapat masalah yaitu siswa tidak masuk ke vervalPD. Kondisi tersebut terjadi di VervalPD dan banyak dialami oleh operator padahal data siswa sudah masuk di EMIS. Mengingat data yang ada di VervalPD untuk lembaga MADRASAH ini bersumber dari EMIS maka masalah ini perlu diselesaikan agar tersolusi.

Tidak masuknya data di VervalPD ini megakibatkan jumlah data siswa di emis dengan VervalPD berbeda. Artinya dengan tidak masuknya data siswa ke VervalPD maka siswa terdeteksi tidak mempunya NISN atau NISN tidak bisa diverifikasi ulang. Maka dari itu agar data siswa masuk ke VervalPD perlu dilakukan beberapa cara untuk Mengatasi Data Siswa Tidak Masuk ke VervalPD.

Masuknya data siswa di VervalPD ini sangatlah penting, karena pendataan pada VervalPD berkaitan dengan penerbitan NISN. Selain itu juga terkait dengan Verifikasi Nomor induk Siswa Nasional (NISN) yang telah dimiliki oleh Siswa. Terkait dengan NISN memang harus benar – benar valid karena akan digunakan ke jenjang selanjutnya dan bahkan digunakan untuk SNMPTN dalam masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Baca Juga : Cara Mengatur Kelas dan Rombel di EMIS

Bagaimana Cara Mengatasi Data Siswa Belum Masuk ke VervalPD ?

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa tahap yang harus anda lakukan dan proses ini berlangsung pada EMIS. Jadi sumber utama yang dituju adalah Data Siswa yang kita masukkan ke EMIS apakah sudah lengkap atau belum.

Nah data apa saja yang harus dicek ulang dan harus dilengkapi ?. Berikut ini solusi mengatasi Siswa tidak masuk ke VervalPD:

1. Cek ulang Rombel Siswa

Jika terdapat siswa yang belum masuk ke vervalpd maka anda harus menelusuri penyebabnya di EMIS. Pertama silahkan anda cek ulang rombelnya dan pastikan siswa tersebut sudah masuk ke rombel. Apabila siswa belum masuk ke rombel maka data siswa tidak tergenarate ke verval PD. Hal pertama ini lah menjadi penyebab tidak masuknya data siswa ke Verval PD.

Berikut beberapa cara untuk mengecek ulang rombel pada siswa di EMIS:

  • Masuk ke aplikasi EMIS kemudian buka menu “siswa berdasarkan rombel” . Lalu silahkan cek lagi rombel-nya serta jumlah siswa pada tiap rombelnya.
  • Buka menu “Kesiswaan –> Siswa Aktif”, kemudian cek pada kolom rombel/kelas dan pastikan sudah tertera kelas dan rombel. Contohnya 7-01 yang artinya kelas 7 rombel 01.

Apabila didapati siswa belum masuk ke rombel silahkan bisa mengatur rombelnya dengan cara berikut:

  1. Buka menu Kesiswaan –> Siswa Aktif.
  2. Cari siswa yang akan di setting rombelnya kemudian Ceklis pada kotak sebelum nama hingga terceklis.
  3. Klik menu rombel dan kelas yang letaknya di kiri atas bersebelahan dengan ubah kelas dan rombe. Lalu pilih rombel yang akan di setting ke siswa.
  4. Selanjutnya klik Ubah Kelas dan Rombel.

Apabila sudah berhasil memberi rombel kelas maka silahkan cek pada siswa yang telah diberi rombel.

Baca Juga : Cara Memutasi Siswa di EMIS Madrasah

2. Cek Kelengkapan Data Siswa di EMIS

Apabila data siswa belum masuk ke VervalPD maka operator wajib melakukan pengecekan terkait dengan kelengkapan data siswa di EMIS. Adapun data siswa tersebut berada di menu detail siswa. Ada 3 jenis data yang wajib dan paling penting untuk di lengkapi, meskipuan semuanya penting namuh 3 data ini paling penting agar siswa bisa masuk ke VervalPD.

Berikut ini 3 jenis data siswa agar siswa busa tergenerate masu ke Verval PD:

A. Tempat Tinggal Siswa

Data yang menjadi primer agar siswa bisa masuk ke VervalPD adalah pada Detail siswa –> Tempat Tinggal. Apabila ketika anda cek datanya dan ternyata data masih kosong silahkan dilengkapi terlabih dahulu hingga terisi semuanya.

Cara penegcekan dan pengisian datanya sebagai berikut:

  • Buka menu Kesiswaan –> Siswa Aktif.
  • Klik ikon panah kebahwah sebelah tombol Aksi kemudian klik Detail siswa.
  • Selanjutnya klim menu “Tempat Tinggal”.
  • Silahkan lengkapi datanya kemudian klik simpan

B. Informasi Ortu

Data primer selanjutnya yaitu pada Informasi Orang tua, nah pastinya menu ini harus lengkap karena tahu sendiri NISN terdapat nama ibu kandung. Jadi pastilah harus terisi agar bisa masuk ke VervalPD dan sebaiknya pengisian Informasi Orang tua haruslah lengkap mulai dari nama ayah, nama ibu, NIK ayah dan NIK ibu serta data pendukung lainnya harus lengkap.

Cara pengecekan dan pengisian datanya sebagai berikut:

  • Buka menu Kesiswaan –> Siswa Aktif.
  • Klik ikon panah kebahwah sebelah tombol Aksi kemudian klik Detail siswa.
  • Selanjutnya klik menu “Informasi Ortu”.
  • Silahkan lengkapi datanya kemudian klik simpan

C. Alamat Tinggal Ortu

Data ketiga yang wajib dilengkapi untuk mengatasi siswa tidak masuk di vervalpd adalah dengan melengkapi Alamat tinggal orang tua. Semua kolom untuk bisa dilengkapi tanpa ada kosong sama sekali.

Cara pengecekan dan pengisian datanya sebagai berikut:

  • Buka menu Kesiswaan –> Siswa Aktif.
  • Klik ikon panah kebahwah sebelah tombol Aksi kemudian klik Detail siswa.
  • Selanjutnya klik menu “Alamat Tinggal Ortu”.
  • Silahkan lengkapi datanya kemudian klik simpan

3. Cek Profil siswa

Kemudian yang ketiga adalah dengan melakukan cek Profil Siswa pastikan juga terisi dengan lengkap. Baik hobi, cita – cita, anak ke, Jumlah saudara sebaiknya juga terisi lengkap.

Pada intinya ada beberapa data yang menyebabkan siswa tidak masuk ke VervalPD yaitu belum lengkapnya tempat tinggal siswa, informasi ortu, alamat tinggal ortu. Selain itu juga didukung degan setting rombel ke siswa dan profil siswa.

Baca Juga : Cara Memutasi Siswa di EMIS Madrasah

Bagaimana dengan siswa pindahan (Mutasi masuk) ?

Untuk siswa pindahan atau mutasi masuk dari madrasah lain yang belum masuk ke vervalpd kemungkinan masih di vervalpd madarsahv asal. Sehingg belum masuk di vervalpd di madrasah tujuan.

Jika terjadi demikian SOLUSINYA adalah dengan cara menghubungi madrasah asal agar memutasi siswa dari vervalpd. Madrasah asal dimintai untuk melakukan sesuai dengan prosedur untuk siswa mutasi keluar.

Kapan Data Siswa Masuk ke VervalPD setelah Melengkapi Data di EMIS ?

Estimasi waktu agar data siswa masuk ke vervalPD setelah melakukan pelengkapan data yaitu paling cepat 1 x 24 Jam. Selebihnya harap bersabar karena proses generate tidak hanya satu lembaga Madrasah saja melainkan Madrasah seluruh Indonesia yang mempunyai kasus serupa.

Jadi operator harap bersabar pastikan datanya lengkap dan valid agar nantinya di VervalPD juga hasilnya OKE. jika datanya masih belum tersingkron juga maka operator perlu melakukan verifikasi lagi di vervalPD.

Pantau dan terus cek perkembangan data di Vervalpd pada menu Residu. Jika ada data residu segera lakukan verifikasi agar tidak ada lagi data siswa yang ada di menu Residu.

Baiklah cara diatas adalah solusi Mengatasi Data Siswa Tidak Masuk ke VervalPD. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah tersebut. Terima Kasih.

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button