Jadwal Akses Edit Data Peserta UAMBN-BK di PDUM

Jadwal Akses Edit Data Peserta UAMBN-BK di PDUM – Laman web PDUM merupakan kepanjangan dari Pangkalan Data Ujian Madrasah adalah laman yang digunakan untuk melakukan pendataan peserta Ujian Madrasah atau yang biasa disebut dengan UAMBN.

Pendataan pada PDUM ini dimaksudkan untuk kelangsungan pelaksanaan UAMBN Berbasis Komputer. Data yang diupload oleh masing – masing madrasah digunakan sebagai bahan aplikasi UAMBN-BK. Selain itu juga digunakan sebagai dasar penentuan SHUAMBN-BK pada lembaga pendidikan Madrasah.

Seperti tahun sebelumnya semua pendataan peserta UAMBN-BK dan UAMBN-KP dilakukan dengan upload data pada PDUM. Nah untuk kali ini masih sama madrasah harus memastikan data yang diupload pada PDUM benar – benar data valid karena sudah kami bilang diatas bahwa data akan digunakan sebagai SHUAMBN.

Alur Pendataan Peserta UAMBN Pada Laman Web PDUM

Bapak / Ibu Opertator atau siapapun yang bertugas melakukan pendataan perlu memahami alur pendataan peserta UAMBN-BK pada laman web PDUM. Sebagaimana berikut :

Langkah Pertama

Lengkapi Data Proktor : Operatro wajib mengisi data Proktor dengan selengkap mugkin. Perhatikan tanda bintang (*) bahwa menandakan pada isian tersebut sangat penting dan tidak bisa dikosongi. Wajib mengisi email aktif agar jika lupa password bisa melakukan reset dengan email yang tercantum.

Langkah Kedua

Lengkapi Data Madrasah : Kelengkapan data di form Pelaksanaan UAMBN 2019/2020 harus disi, Zona Waktu adalah zona waktu di wilayah madrasah Anda, pastikan dari awal madrasah Anda melaksanan UAMBN melalui BK atau KP, dan pastikan pelaksanaan apakah Mandiri atau Bergabung (Akreditasi/Non). Untuk yang bergabung, sebelum diisi pastikan terlebih dahulu kesediaan madrasah pelaksana.

Jika pada tahun sebelumnya sudah mengisi silahkan cek ulang, apabila masih ada kekeliruan silahkan edit dan diperbaiki. Contohnya seperti data kepala Madrasah yang biasanya terdapat pergantian Kepala Madrasah harap pada Data Madrasah diupdate sesuai kondisi terbaru.

Langkah Ketiga

Uploa Data Siswa : Isi data siswa/peserta UAMBN Anda sesuai dengan format Template Excel yang telah disediakan. Semua kolom harus diisi dan harus benar, kecuali kolom jurusan untuk jenjang MTS dikosongkan.

Upload berulang-ulang masih diizinkan sampai batas waktu yang akan diumumkan selanjutnya. Upload berulang akan menghapus dan menimpa data siswa sebelumnya yang sudah diupload. Kolom Sesi dan Server wajib diisi, untuk madrasah bergabung silakan koordinasi langsung dengan madrasah pelaksana dalam menentukan sesi dan server agar data dapat diisi lengkap.

Pastikan data yang anda isikan bena dan valid sesuia dengan kondisi siswa calon peserta UAMBN-BK.

Langkah Keempat

Pengecekan Data Siswa : Silakan cek kembali data siswa yang telah diupload, jika ada yang masih belum lengkap silakan untuk mengupload ulang ataupun diedit satu-satu dari aplikasi PDUM. Pengeditan termasuk metode UAMBN per siswa (BK/KP) dengan kondisi tertentu sehingga harus berbeda metode pelaksanaan UAMBN-nya. Photo siswa juga harus dimasukkan manual satu per satu untuk kelengkapan data Kartu UAMBN.

Langkah Keempat

Cetak Kartu Peserta : Silahkan cetak kartu peserta UAMBN-BK. Direkomendasikan menggunakan browser Chrome (versi terbaru) untuk melakukan cetak kartu siswa. Setelah Langkah 5 selesai, maka proses PDUM untuk proktor selesai

Itulah Alur pendataan peserta UAMBN-BK , untuk selanjutnya berikut ini Jadwal Akses Edit Data Peserta UAMBN-BK di PDUM.

Jadwal Akses Edit Data Peserta UAMBN-BK di PDUM

Pada tahun ini untuk akses edit dan upload data siswa ke PDUM dilakukan secara roling terjadwal. Jadwal yang diberlakukan berdasarkan zona wilayah. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk mengantisipasi Overload yang mengakibatkan web down.

Sebelumnya metode ini belum diberlakukan namun semenjak tanggal 23 November 2019 sebagai batas pendataan awal diberlakukanlah penjadwalan sesuai dengan wilayah masing – masing.

Berikut jadwal yang telah ditetapkan oleh Tim UAMBN-BK Pusat :

Jadi masing – masing wilayah hanya bisa mengedit data yang sudah diupload atau melakukan upload baru sesuai jadwal yang tercantum diatas. Selain hari yang telah ditentukan masih bisa login namun tidak dapat mengupload dan edit data.

Maka dari itu kepada seluruh oeparator agat segera menyelesaikan pendataan Peserta UAMBN pada laman web PDUM. Sebab akses ke PDUM kapan saja bisa ditutup. Untuk itu sebelum ditutup oleh Tim Panitian UAMBNBK Pusat mari kita selesaikan pendataan pada PDUM dengan baik dan tentunya Valid.

Demikianlah infomasi tentang Jadwal Akses Edit Data Peserta UAMBN-BK di PDUM. Semoga informasi ini bermanfaat. Mohon bantuannya untuk share artikel ini ke sosial media denga cara klik tombol share dibawah ini. Terima kasih.

Check Also

10 Twibbon Tahun Baru Islam 2021, 1 Muharram 1443 H - TERBAIK !!! (1)

10 Twibbon Tahun Baru Islam 2021, 1 Muharram 1443 H – TERBAIK !!!

10 Twibbon Tahun Baru Islam 2021, 1 Muharram 1443 Hijriyah -. Sebentar lagi umat Islam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.