Cara Pengajuan Kepala Madrasah di Simpatika

Simadrasah.com – Apakah kamu baru saja diangkat menjadi kepala madrasah? Selamat! kamu telah mendapatkan amanah yang besar untuk memimpin dan mengembangkan madrasah. Namun, sebelum bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala madrasah, ada satu hal penting yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, yaitu mengajukan diri sebagai kepala madrasah di Simpatika.

Simpatika adalah singkatan dari Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Ini adalah aplikasi online yang digunakan oleh Kementerian Agama untuk mengelola data dan informasi tentang pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah. Dengan mengajukan diri sebagai kepala madrasah di Simpatika, kamu akan mendapatkan akun yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai fitur dan layanan yang disediakan oleh Simpatika, seperti mengisi data rinci, mengajukan tunjangan profesi, mengikuti diklat, dan lain-lain.

Namun, bagaimana cara pengajuan kepala madrasah di Simpatika? Apa saja persyaratan dan dokumen yang harus dipersiapkan? Bagaimana langkah-langkah dan prosedurnya? Jangan khawatir, di artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan mudah cara pengajuan kepala madrasah di Simpatika. Simak baik-baik ya!

Persyaratan dan Dokumen Pendukung Pengajuan Kepala Madrasah di Simpatika

Sebelum mengajukan diri sebagai kepala madrasah di Simpatika, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Persyaratan ini berdasarkan pada Peraturan Menteri Agama Nomor 24 Tahun 2018 tentang Kepala Madrasah. Berikut ini adalah persyaratan yang harus kamu penuhi:

  • Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1) atau diploma empat (D4) sesuai dengan bidang keilmuan yang relevan dengan madrasah yang dipimpin.
  • Memiliki pengalaman mengajar minimal lima tahun di madrasah atau lembaga pendidikan lain yang setara.
  • Memiliki sertifikat pendidik yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Pendidik.
  • Memiliki kompetensi kepala madrasah yang meliputi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.
  • Memiliki integritas, loyalitas, dan dedikasi yang tinggi terhadap madrasah dan Kementerian Agama.
  • Tidak sedang menjalani hukuman disiplin atau sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin.
  • Tidak sedang menjalani hukuman pidana atau sedang dalam proses penyidikan, penuntutan, atau pengadilan tindak pidana.
  • Tidak sedang menjabat sebagai kepala madrasah di madrasah lain.

Selain persyaratan di atas, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen pendukung yang akan digunakan sebagai bahan verifikasi dan validasi data pengajuan kepala madrasah baru. Dokumen pendukung ini antara lain:

  • Formulir pengajuan jabatan kepala madrasah (A09) yang sudah diisi dan ditandatangani. Kamu bisa mengunduh formulir A09 di [sini]
  • Surat Keputusan (SK) pengangkatan kepala madrasah yang baru yang diterbitkan oleh yayasan apabila madrasah swasta, atau oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota apabila madrasah negeri.
  • Berita acara serah terima/pergantian kepala madrasah yang ditandatangani oleh kepala madrasah lama, kepala madrasah baru, dan pengawas madrasah. Kamu bisa mengunduh contoh format berita acara di [sini]
  • Daftar hadir rapat pergantian kepala madrasah yang ditandatangani oleh seluruh peserta rapat, termasuk kepala madrasah lama, kepala madrasah baru, pengawas madrasah, dan perwakilan yayasan.

Setelah memenuhi persyaratan dan menyiapkan dokumen pendukung, kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu prosedur dan cara pengajuan kepala madrasah di Simpatika.

Prosedur dan Cara Pengajuan Kepala Madrasah di Simpatika

Prosedur dan cara pengajuan kepala madrasah di Simpatika terdiri dari dua tahap, yaitu tahap online dan tahap offline. Tahap online adalah tahap dimana Anda mengisi data rinci dan mengunggah dokumen pendukung di aplikasi Simpatika. Tahap offline adalah tahap dimana Anda menyerahkan dokumen pendukung asli ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk diverifikasi dan divalidasi oleh admin Simpatika. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Tahap online:
    • Buka website Simpatika di [sini](https://farazinux.com/cara-mengajukan-kepala-madrasah-di-simpatika/) dan login menggunakan akun PTK Anda. Jika Anda belum memiliki akun PTK, Anda bisa membuatnya dengan mengikuti panduan di [sini]
    • Pilih menu Pendidik dan Tenaga Kependidikan > Direktori PTK > Daftar Kepala Madrasah.
    • Pilih madrasah dimana Anda akan ditempatkan sebagai kepala madrasah baru dan klik tombol Pilih Kepala Madrasah Baru.
    • Isi data rinci kamu sebagai kepala madrasah baru, seperti nama, NIP, NUPTK, nomor SK pengangkatan, tanggal mulai menjabat, dan lain-lain.
    • Unggah dokumen pendukung yang sudah di siapkan sebelumnya, seperti formulir A09, SK pengangkatan, berita acara, dan daftar hadir. Pastikan dokumen yang kamu unggah sesuai dengan format dan ukuran yang ditentukan.
    • Klik tombol Simpan dan Selesai. Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan telah berhasil disimpan dan menunggu verifikasi dan validasi dari admin Simpatika.
  2. Tahap offline:
    • Cetak dokumen pendukung yang sudah kamu unggah sebelumnya, seperti formulir A09, SK pengangkatan, berita acara, dan daftar hadir.
    • Serahkan dokumen pendukung tersebut ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota tempat madrasah kamu berada.
    • Tunggu sampai admin Simpatika melakukan verifikasi dan validasi data pengajuan. Kamu bisa memantau status pengajuan di menu Pendidik dan Tenaga Kependidikan > Direktori PTK > Daftar Kepala Madrasah.
    • Jika pengajuan sudah diverifikasi dan divalidasi, kamu akan mendapatkan surat tanda pengaktifan jabatan kepala madrasah (formulir S18a) yang diterbitkan oleh admin Simpatika. Surat ini berfungsi sebagai bukti bahwa kamu sudah resmi menjadi kepala madrasah baru di Simpatika.

Demikianlah prosedur dan cara pengajuan kepala madrasah di Simpatika. Semoga artikel ini dapat membantu dalam mengurus administrasi sebagai kepala madrasah baru. Jika mengalami kendala atau kesulitan dalam pengajuan, kamu bisa menghubungi admin Simpatika di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau melalui kontak yang tersedia di website Simpatika. Selamat bekerja dan semoga sukses!

 

Leave a Comment